Penerapan model numbered head together berbantuan media video dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pada tema 6 cita-citaku Kelas iv di sd 1 jurang

RAKHMAN, KHANIES RIZKI (2019) Penerapan model numbered head together berbantuan media video dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pada tema 6 cita-citaku Kelas iv di sd 1 jurang. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul .pdf - Accepted Version

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model Numbered Head Together berbantuan media video pembelajaran tentang keragaman karakteristik dan sumber daya alam dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pada tema 6 cita-citaku kelas IV di SD 1 Jurang. Prestasi belajar merupakan hasil dari suatu kegiatan seseorang atau kelompok yang telah dikerjakan, diciptakan dan menyenangkan hati yang diperoleh dengan bekerja. Model Numbered Head together adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada strutur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan meningkatkan penguasaan akademik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan guru, keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar siswa pada tema Cita-citaku muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikaan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas IV SD 1 Jurang. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan meliputi seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Variabel bebas dalam penelitian adalah model NHT. Sedangkan variabel terikat adalah keaktifan dan prestasi belajar siswa pada tema Cita-citaku. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, lembar observasi kinerja guru dan aktivitas siswa, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru menerapkan model NHT mengalami peningkatan pada siklus I 62% (Cukup Baik) meningkat pada siklus II menjadi 77% (Baik). Keaktifan belajar mengalami peningakatan dari siklus I 56% (Cukup Baik) meningkat pada siklus II 76% (Baik). Prestasi belajar siswa pada tema Cita-citaku muatan IPS mengalami peningkatan antara siklus I 61% dan pada siklus II menjadi 78%. Sedangkan pada muatan PPKn prestasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan antara siklus I 67% dan pada siklus II 78%. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model NHT dapat meningktkan keterampilan mengajar guru, keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa pada tema Cita-citaku muatan IPS dan PPKn. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Jurang dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT berbantuan media video tentang keragaman karakteristik dan sumber daya alam dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa tema Cita-citaku muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas IV SD 1 Jurang. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model NHT, guru harus mendesain media video yang dapat membuat siswa menguasai pengetahuan yang diajarkan melalui media video pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd Pembimbing 2 Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Numbered Head Together, Video, Keaktifan, Prestasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Sep 2020 01:50
Last Modified: 17 Sep 2020 01:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12654

Actions (login required)

View Item View Item