Penerapan model pembelajaran means-ends analysis (mea) berbantuan game ludo untuk meningkatkan Kemampuan pemahamanmatematismateri Bangun segi banyak pada siswa Kelas iv sd 6 jekulo

SAIDAH, NURIS (2019) Penerapan model pembelajaran means-ends analysis (mea) berbantuan game ludo untuk meningkatkan Kemampuan pemahamanmatematismateri Bangun segi banyak pada siswa Kelas iv sd 6 jekulo. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (977kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Means-Ends Analysis (MEA) berbantuan game ludo dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran materi bangun segi banyak pada siswa kelas IV SD 6 Jekulo. Means-Ends Analysis adalah model pembelajaran yang menganalisis suatu masalah dengan bermacam cara sehingga diperoleh hasil atau tujuan akhir.Game ludo yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan memodifikasi beberapa soal kemampuan pemahaman matematis materi bangun segi banyak pada papan ludo, dan memberikan kartu soal tersebut yang nantinya dikerjakan dan dijawab oleh siswa apabila pion yang mereka jalankan jatuh pada petak soal, kemudian melanjutkan permainan sampai finish. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di SD 6 Jekulo dengan jumlah 35 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model Means-Ends Analysis berbantuan game ludo, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan pemahaman matematis, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas terdapat peningkatan pada (1) rata-rata hasil tes evaluasi kemampuan pemahaman matematis meningkat dari 65,8 dengan predikat D (Perlu Bimbingan) pada siklus I menjadi 79,8 dengan predikat B (Baik) pada siklus II. (2) rata-rata keterampilan mengajar guru meningkat dari 74% dengan predikat Baik menjadi 82,5% dengan predikat Sangat Baik. (3) rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari nilai optimum 68,8 dengan predikat D (Perlu Bimbingan) menjadi 78,1 dengan predikat C (Cukup). Kemampuan pemahaman matematis kelas IV SD 6 Jekulo meningkat karena terdapat beberapa indikator dan aspek pemahaman matematis yang mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model MEA berbantuan game ludo dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa. Saran dari penelitian ini hendaknya dapat menjadikan peneliti selanjutnya untuk berinovasi lebih pada model pembelajaran MEA berbantuan game ludo untuk diterapkan pada materi yang berbeda dengan lebih memerhatikan indikator pemahaman matematis siswa dalam membuat suatu ekstrapolasi, aspek pemahaman instrumental dan relasional.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Eka Zuliana, M. Pd Pembimbing 2 Henry Suryo Bintoro, M. Pd.
Kata Kunci: Means-Ends Analysis, Game Ludo, Pemahaman Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:37
Last Modified: 17 Sep 2020 02:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12659

Actions (login required)

View Item View Item