Penerapan model think pairs share berbantuan media flash cardpada tema kayanya negeriku muatan ips dan bahasa indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv sd 1 ngembal kulon

NURRIYADH, MUHAMMAD (2019) Penerapan model think pairs share berbantuan media flash cardpada tema kayanya negeriku muatan ips dan bahasa indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv sd 1 ngembal kulon. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
SAMPUL-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (57MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (78MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Think Pairs Share berbantuan Media Flash Card Pada Tema Kayanya Negeriku Muatan IPS dan Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Kelas IV SD 1 Ngembal Kulon Kudus. (2) Menjelaskan penerapan model kooperatif tipe Think Pairs Share berbantuan Media Flash Card Pada Tema Kayanya Negeriku Muatan IPS dan Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas IV SD 1 Ngembal Kulon Kudus. Hasil Belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah terlaksanaya proses pembelajaran diharapkan bisa merubah pengetahuan dan keterampilan siswa menjadi meningkat dan lebih baik. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share(TPS) adalah model yang mampu dapat mengembangakan ketrampilan berfikir dan menjawab dalam komunikasi satu dengan lain atau sama kelompoknya. Media Flash Cardmerupakan salah satu media pembelajaran yang berbentuk permainan edukatif berupa pias-pias kartu. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 1 SD 1 Ngembal Kulon Kec. Jati Kab. Kudus yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes diuji validitasnya mengunakan validitas expert judgment. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar sisa pada tema kanya negeriku. Peningkatan keterampilan guru siklus I memperoleh persentase 69,8% dengan kualifikasi baik pada siklus II memperoleh persentase sebesar 80,3% dengan kualifikasi baik. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan IPS meningkat cukup signifikan antara siklus I memperoleh 64% dan siklus II sebesar 82%. Pada muatan Bahasa Indonesia dengan ketuntasan siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 79%. Selanjutnya pada ranah keterampilan siswa pada siklus I 61% (Cukup) dan siklus II memperoleh 76% (Baik). Hal tersebut membuktikan bahwa adanya penerapan model Think Pair Share berbantuan media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Ngembal Kulon. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan pada kelas IV SD 1 Ngembal Kulon, dapat disimpulkan bahwa adanya penerpan model Think Pair Share berbantuan Flash Card dapat meingkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Think Pairs Share, Flash Card, Hasil belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:47
Last Modified: 17 Sep 2020 02:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12660

Actions (login required)

View Item View Item