ARINA, MILA (2019) Penerapan model problem based learning berbantuan media surat kabar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv tema 8 sd unggulan muslimat nu. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (482kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (230kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (937kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (270kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan Surat Kabar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian yaitu di kelas IV SD Unggulan Muslimat NU Kudus dengan subjek penelitian 26 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklusterdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Problem Based Learning berbantuan Surat Kabar. Sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar tema 8 daerah tempat tinggalku. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 75% (Baik) dan pada siklus II 90% (Sangat Baik). Hasil aktivitas belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn kelas IV SD Unggulan Muslimat NU Kudus dengan persentase aktivitas belajar siswa siklus I dengan persentase 83% (baik), siklus II meningkat dengan persentase 86% (baik). Hasil belajar siswa dari pra siklus yaitu 42,9% (Cukup), kemudian setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 81,73% (baik) dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 87,20% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan di kelas IV SD Unggulan Muslimat NU Kudus, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media surat kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema daerah tempat tinggalku kelas IV SD Unggulan Muslimat NU Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Ristiyani, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Santoso, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Problem Based Learning, Surat Kabar, Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Sep 2020 02:40 |
Last Modified: | 19 Sep 2020 02:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12668 |
Actions (login required)
View Item |