SEPTIANAWATI, IFATUL (2019) Pendidikan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas iv di sd 1 megawon. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Download (325kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (202kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendidikan karakter peduli lingkungan serta mengetahui peran guru dan orang tua dalam pendidikan karakter peduli lingkungan di SD 1 Megawon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepalasekolah, guru, dan siswa. Adapun objek penelitian ini adalah pendidikan karakter peduli lingkungan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Peduli lingkungan adalah sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.Kepedulian dan kesadaran dari siswa akan pentingnya menjaga lingkungan akan menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan nyaman. Lingkungan yang sehat dan nyaman ini dapat meningkatkan prestasi dan kreativitas peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli lingkungan di SD 1 Megawon dilaksanakan dengan cara (1) pengembangan kurikulum sekolah meliputi, program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran dan budaya sekolah. Program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin piket harian dan Jumat bersih, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian sekolah. Pengintegrasian diupayakan dalam semua mata pelajaran. Budaya sekolah, melalui muatan lokal sekolah,apotek hidup, taman, ruang dan fasilitas, motivasi kepada siswa penerapan hadiah dan hukuman, dan pengembangan karakter peduli lingkungan. (2) Pengembangan proses pembelajaran kelas dengan pengamatan langsung, sekolah dengan pengarahan dan lomba, dan luar sekolah dengan pramuka, kunjungan ke luar sekolah. (3) Pengembangan kesehatan sekolah meliputi pemeliharaan ruang dan bangunan, pencahayaan dan ventilasi udara kelas yang memadai, pengelolaan fasilitas sanitasi. Pengelolaan kantin/warung, pencegahan lingkungan dari entik-entik nyamuk, larangan dan penyuluhan bahaya rokok, dan promosi hygiene dan sanitasi dengan poster serta himbauan/ajakan. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Megawon dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter peduli lingkungan sudah diterapkan dengan baik. Kepala sekolah dan guru selalu memberikan contoh yang baik terhadap siswa agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Mengadakan program-program baru terkait dengan karakter peduli lingkungan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | pendidikan karakter, peduli lingkungan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 02:23 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 02:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12676 |
Actions (login required)
View Item |