Penerapan model pmri berbantuan alat peraga manipulatif untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas v Sdn 2 wergu wetan

Laila, Navida Nur (2019) Penerapan model pmri berbantuan alat peraga manipulatif untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas v Sdn 2 wergu wetan. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pembelajaran di SDN 2 Wergu Wetan masih menggunakan metode ceramah dan diskusi, hal ini beralasan karena metode ceramah dan diskusi belum bisa bekerja dengan maksimal. Siswa masih menganggap matematika itu sulit dan membingungkan, sedangkan guru ingin siswa sesuai dengan harapan yang melebihi nilai diatas KKM. Tetapi guru mengajar seperti jaman dulu, hanya sekedar menerangkan, dan memberi tugas, tanpa berfikir panjang untuk siswanya kedepan. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan guru menerapkan model pendidikan matematika realitik Indonesia berbantuan alat peraga manipulatif pada materi bangun ruang di kelas V SDN 2 Wergu Wetan, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa yang menerapkan model pendidikan matematika realistik Indonesia berbantuan alat peraga manipulatif pada pembelajaran matematika materi bangun ruang di kelas V SDN 2 Wergu Wetan, (3) mengidentifikasi model pendidikan matematika realitik Indonesia berbantuan alat peraga manipulatif dalam meningkatkan pemecahan masalah pada materi bangun ruang di kelas V SDN 2 Wergu Wetan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas V SDN 2 Wergu Wetan dengan subyek penelitian 37 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dua pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model PMRI berbantuan media manipulatif, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan guru pada siklus 1 total 80,35% kriteria baik, siklus 2 mendapat 85,71 kriteria baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 87,34 kriteria baik, siklus 2 dengan total 88,46 dengan kriteria baik. Sedangkan Kemampuan pemecahan masalah pada siklus 1 total 77,29 dengan kriteria cukup, dan siklus 2 mendapat 87,13 dengan kriteria baik, Simpulan dari penelitian ini keterampilan guru dan aktivitas sisswa meningkat dengan pendekatan PMRI berbantuan media manipulatif, sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model PMRI berbantuan alat peraga manipulatif sudah mencapai ketuntasan. Sehingga guru dapat menggunakan model PMRI berbantuan media manipulatif sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, S.Pd. M,Pd. Pembimbing 2 Himmatul Ulya, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, PMRI, Keterampilan Guru, Aktivitas belajar, Media Alat Peraga Manipulatif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:44
Last Modified: 21 Sep 2020 02:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12678

Actions (login required)

View Item View Item