Peningkatan pemahaman konsep ipa dan bahasa indonesia menggunakan model cooperatif jigsaw berbantuan media konkret kelas iv tema 8 daerah tempat tinggalku di sd 3 megawon kudus

BUDI, ANDRIYAN SETIYA (2019) Peningkatan pemahaman konsep ipa dan bahasa indonesia menggunakan model cooperatif jigsaw berbantuan media konkret kelas iv tema 8 daerah tempat tinggalku di sd 3 megawon kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
SAMPUL-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Semua Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model Cooperatif Jigsaw berbantukan Media Konkret Tematik; dan (2) mendeskripsikan penerapan model Cooperatif Jigsaw berbantuan media konkret dalam meningkatkan pemahaman konsep pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD 3 Megawon Kudus. Pemahaman Konsep merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti apa yang diajarkan, menangkap makna apa yang dipelajari. Model Cooperatif Jigsawmerupakan model pembelajaran Cooperatif yang dalam pelaksanaanya terdapat kelompok asal dan tim ahli.Media Konkretmerupakan benda yang nyata atau terwujud. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 3 Megawon dengan subjek penelitian guru dan 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Siklus pertama yaitu pada subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 dan siklus 2 pada subtema 3 pembelajaran 1 dan 2 setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Cooperatif Jigsaw dan Media Konkret. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan guru pada tema daerah tempat tinggalku. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 78,12% (Baik) dan pada siklus II sebesar 90,62% (Baik). Pada pemahaman konsep siswa muatan IPA meningkat cukup signifikan antara siklus I sebesar (65%) dan siklus II sebesar (88%). Muatan Bahasa Indonesia dengan ketuntasan pada siklus I sebesar (72%) dan siklus II sebesar (86%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan di kelas IV SD 3 Megawon, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperatif Jigsaw berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan mengajar guru pada tema daerah tempat tinggalku kelas IV SD 3 Megawon.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing 2 Muhammad Syaffruddin Kuryanto, S.Si, M.Or
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Cooperatif Jigsaw, Media Konkret
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Sep 2020 05:03
Last Modified: 21 Sep 2020 05:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12684

Actions (login required)

View Item View Item