Peningkatan hasil belajar melalui model Teams games tournaments bagi siswa kelas 4 Sd negeri sugiharjo 02tema indahnya Keragaman di negeriku

ALGANI, AFGAN NOVA (2019) Peningkatan hasil belajar melalui model Teams games tournaments bagi siswa kelas 4 Sd negeri sugiharjo 02tema indahnya Keragaman di negeriku. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (827kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan supaya nilai siswa bisa diatas KKM dan bisa memahami pelajaran dengan mengetahui peningkatan ketrampilan membuka, ketrampilan mengelola kelas, ketrampilan menjelaskan, ketrampilan mengadakan evaluasi, ketrampilan bertanya, ketrampilan memberikan penguatan, ketrampilan diskusi kelompok kecil dan ketrampilan mengajar perorangan, media Permainan Ludo dan Menggunakan model Teams Games Tournaments karena rendahnya hasil pembelajaran dalam mengikuti kegiatan pembelajaran khusunya pada siswa kelas IV SDN Sugiharjo 02. Unsurutamapembelajaranadalahsiswabukan guru.Subjekpembelajaranadalahsiswajadipembelajaranharusberpusatpadasiswa. Pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses komunikasi yang bersifat timbal balik, baik antara guru dengan siswa, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ciri-ciri pembelajaran adalah kegiatannya mendukung proses belajar siswa, serta memiliki komponen-komponen tujuan, proses, dan evaluasi yang saling berkaitan. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SDN Sugiharjo 02 dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian terdapat peningkatan hasil belajar pada siklus I 79,30% (baik)menjadi 83,24% (sangat baik) siklus II. Ketrampilan mengajar guru dalam meningkatkan hasil belajar pada materi mengenal keadaan pulau-pulau di indonesia yang cukup signifikan antara siklus I (68,75%) dan siklus II (84,37%), didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 68,75% (baik) menjadi 84,37% (baik) siklus II, hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I 79,3% (baik) menjadi 97% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada kelas IV SDN Sugiharjo 02 dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Teams Games Tournaments dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti memberikan saran agar model Teams Games Tournaments dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan supaya siswa bisa lebih memahami materi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Sep 2020 05:22
Last Modified: 21 Sep 2020 05:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12685

Actions (login required)

View Item View Item