Peningkatan hasil belajar siswa melalui model numbered head together berbantuan media roda putar ludo king tema indahnya keragaman di negeriku kelas iv sdn 1 tigajuru

KHOIRUNNISA, FATHIATI (2019) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model numbered head together berbantuan media roda putar ludo king tema indahnya keragaman di negeriku kelas iv sdn 1 tigajuru. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru di kelas menggunakan model Numbered Head Together dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ranah pengetahuan dan keterampilan pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku menggunakan model Numbered Head Together berbantuan media roda putar ludo king kelas IV SDN 1 Tigajuru. Hasil belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku dan kepribadian yang lebih kompleks melalui pengalaman. Pembelajaran dengan model Numbered Head Together merupakan model pembelajaran yang bersifat kelompok dengan memberikan tanggung jawab pada setiap siswa untuk turut aktif didalamnya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Tigajuru dapat meningkat melalui model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media roda putar ludo king. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Tigajuru dengan subjek penelitan 29 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terbagi atas dua kali pertemuan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik tes, nontes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai 81,5 (81,5%) dengan predikat baik. Siklus II menjadi 92% dengan nilai 92 (sangat baik). Hasil belajar siswa ranah pengetahuan muatan IPS mengalami peningkatan signifikan pada siklus I rata-rata nilai 68 dengan persentase 62% dan siklus II rata-rata nilai 77 dengan persentase 83%. Muatan Bahasa Indonesia mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pada siklus I 68 (69%) pada siklus II meningkat 78 (86%). Peningkatan hasil belajar siswa ranah keterampilan muatan IPS siklus I memperoleh rata-rata nilai 68 (cukup) dengan persentase 65% siklus II menjadi 77 (baik) dengan persentase 93%. Muatan Bahasa Indonesia siklus I 65% dengan rata-rata nilai 67 (cukup), siklus II menjadi 89% dengan rata-rata nilai 77 (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas IV SDN 1 Tigajuru dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together berbantuan media roda putar ludo king dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Adapun saran yang diberikan yaitu guru dapat menerapkan model Numbered Head Together dengan pemilihan media yang tepat sehingga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Numbered Head Together, Roda Putar Ludo King.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Sep 2020 03:43
Last Modified: 22 Sep 2020 03:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12692

Actions (login required)

View Item View Item