Ardiyanto, Riza Maulana (2019) The english education department students perceptions of ideal english teacher In high school level. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (967kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (454kB) | Preview |
Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (453kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
Abstrak
Guru bahasa inggris yang ideal sangat penting dalam proses pembelajaran bahasa inggris. Menurut peraturan pemerintah Indonesia, guru bahasa inggris yang ideal adalah guru bahasa inggris yang punya 4 kompetensi. Kompetensi tersebut adalah pedagogic, personal, social, dan professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman persepsi mahasiswa pendidikan bahasa inggris di UMK terhadap guru bahasa inggris yang ideal dalam 4 kompetensi yakni pedagogik, personal, social, dan professional Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif kualitatif. Dimana penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan bahasa inggris tahun akademik 2018/2019 dari berbagai semester. Peneliti menggunakan persentase dan deskripsi untuk analisis data. Hasil riset ini menunjukkan, dalam kompetensi pedagogik, guru bahasa inggris yang ideal seharusnya memahami karakter siswanya, mempunyai banyak cara mengajar, dan juga kreatif dalam pembelajaran. Sedangkan di kompetensi kepribadaian, guru bahasa inggris yang ideal seharusnya mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi dalam tugasnya, tepat waktu, dan juga selalu sabar dalam menghadapi siswanya. Pada kompetensi sosial, menurut mahasiswa pendidikan bahasa inggris, guru bahasa inggris yang ideal adalah yang tidak mendiskriminasi siswanya berdasarkan latar belakang keluarga, yang tidak mendiskriminasi siswanya berdasarkan kondisi ekonomi, dan juga yang tidak mendiskriminasi orang tua siswa berdasarkan kondisi ekonomi. Terakhir adalah kompetensi profesional. Di kompetensi profesional, guru bahasa inggris yang ideal seharusnya menggunakan banyak sumber dalam menyampaikan materinya, menguasai bahasa inggris baik lisan maupun tulisan, dan juga menggunakan materi yang terkini. Kesimpulan penelitian ini ada 4 karakter yang harus dipunyai oleh guru bahasa igngris yang ideal. Seorang guru bahasa inggris yang ideal adalah guru yang memahami karakter siswanya, mempunyai tanggung jawab atas tugasnya, tidak mendiskriminasi siswa berdasarkan latar belakang keluarga, dan juga menggunakan banyak sumber dalam menyampaikan materi. Terakhir, peneliti berharap penelitian ini bisa digunakan oleh guru bahasa inggris secara keseluruhan sebagai bahan muhasabah diri agar bisa mencapai derajat guru bahasa inggris yang ideal. Yang mana akan berimbas pada mulusnya proses belajar dan guu akan disukai para murid.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1: Dr. Sri Endang Kusmariyati, M.Pd. Pembimbing 2: Farid Noor Romadlon, M.Pd. |
Kata Kunci: | Persepsi Siswa, Guru Bahasa Inggris Yang Ideal |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 04:42 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 04:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12868 |
Actions (login required)
View Item |