Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal kabupaten jepara pada tema “daerah tempat tinggalku“ untuk siswa kelas iv sekolah dasar

Hamidaturrohmah, hamidaturrohmah (2019) Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal kabupaten jepara pada tema “daerah tempat tinggalku“ untuk siswa kelas iv sekolah dasar. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKAA.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar, mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Kabupaten Jepara, dan menguji keefektifan bahan ajar yang dikembangkan. Spesifikasi produk bahan ajar ini berupa buku guru dan CD pembelajaran berisi video kearifan lokal Kabupaten Jepara pada tema “Daerah Tempat Tinggalku” untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian dan pengembangan bahan ajar tematik ini menggunakan model Borg&Gall yang meliputi tahap studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf awal produk, uji ahli, revisi hasil uji ahli, uji coba terbatas, penyempurnaan uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Semai, SD N 1 Kecapi, SD N 2 Senenan, SD N 3 Senenan, SD N 5 Kecapi sebagai kelompok eksperimen dan SD N 1 Senenan, SD N 2 Kecapi, SD N 4 Kecapi, SD N 6 Kecapi, dan SD N 7 Kecapi sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) guru dan siswa membutuhkan bahan ajar berbasis kearifan lokal Kabupaten Jepara yang dilakukan dengan analisis kebutuhan menggunakan observasi,wawancara dan kuesioner, 2) Bahan ajar dikembangkan pada komponen kompotensi yang harus dicapai dan isi materi yang disesuaikan KI, KD, akurat, mutakhir, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap kearifan lokal Jepara. Bahan ajar ini divalidasi oleh expert judgment dengan hasil validasi ahli dari aspek kelayakan isi dan bahasa memperoleh skor 91 rata-rata 3,64 persentase 91 % dengan kategori sangat baik. Hasil validasi dari aspek media memperoleh skor 54 rata-rata 3,6 persentase 90% dengan kategori sangat baik. 3) Uji keefektifan bahan ajar berbasis kearifan lokal Kabupaten Jepara diperoleh dari hasil uji coba produk menggunakan uji t. Hasil uji t pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu 11,036 > 1,969 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Data keefektifan bahan ajar diperkuat dengan hasil respon guru kelas IV yang menunjukkan skor 684 rata-rata 3,8 persentase 95% dengan kategori sangat baik. Untuk hasil tanggapan siswa memperoleh skor 157 rata-rata 3,9 persentase 98% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Kabupaten Jepara merupakan kebutuhan guru dan siswa kelas IV sekolah dasar. Untuk penerapan bahan ajar berbasis kearifan lokal Jepara pada tema “ Daerah Tempat Tinggalku” efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd Dr. Suad, M.Pd
Kata Kunci: Bahan Ajar, Pembelajaran Tematik, Kearifan Lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Nov 2020 04:30
Last Modified: 07 Nov 2020 04:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12921

Actions (login required)

View Item View Item