Penerapan model make a match berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv tema 7 indahnya keberagaman di negeriku

Noorisa, Adelina (2020) Penerapan model make a match berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv tema 7 indahnya keberagaman di negeriku. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gamong pada tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match berbantuan media ular tangga, meningkatkan keterampilan guru kelas IV SD 1 Gamong dalam mengelola kelas melalui model pembelajaran Make a Match. Model pembelajaran Make a Match adalah dimana siswa diminta untuk bermain sambil belajar, siswa diberikan kartu soal dan jawaban oleh guru kemudian siswa diminta untuk mecari pasangan kartu. Model ini dirasa cocok karena dapat meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Keterampilan mengajar guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran yang di dapat setelah mengerjakan tes evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksakan di SD 1 Gamong dengan subjek 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar , serta keterampilan mengajar guru. Data penelitian di analisis dengan teknik analisi data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan media permainan ular tangga dan kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan di siklus I ke siklus II dari rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 72 dan persentase ketuntasan klasikal untuk mapel Bahasa Indonesia mencapai 61,5% meningkat menjadi 80% dengan rata-rata nilai sebesar 77 di siklus II pada mapel IPS dari rata-rata nilai 74 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 65,3% meningkat menjadi 84% dengan rata-rata nilai 81 di siklus II. Hasil belajar aspek keterampilan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 64% kategori cukup pada siklus II meningkat menjadi 73,5% kategori baik pada siklus II. Pada keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 73% kategori baik meningkat menjadi 77% kategori baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Gamong Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan media permainan ular tangga pada tema 7 Indahnya keberagaman di Negeriku dapat meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini diharapkan agar peneliti lain dapat mengembangkan pembelajaran menggunakan model Make a Match menjadi lebih efektif dengan memperhatikan sintak pembelajaran serta memperhatikan karakteristik mata pelajaran dan materi yang akan digunakan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Dosen Pembimbing (2) Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Make a Match, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 May 2021 18:46
Last Modified: 06 May 2021 18:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13975

Actions (login required)

View Item View Item