AMIN, ABDUL (2020) Pengembangan buku teks “pantomim asyik ala kak prop” Untuk alternatif sumber belajar seni pertunjukan anak di sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (709kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version Download (242kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (825kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (218kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, mengembangkan buku teks pantomim untuk alternatif sumber belajar seni pertunjukan anak di sekolah dasar, serta mengetahui kelayakannya. Metode penelitian menggunakan R&D mengacu pada teori Borg and Gall menggunakan 10 langkah, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) desain produk awal, (4) validasi produk, (5) revisi produk I, (6) uji coba terbatas, (7) revisi produk II, (8) uji coba lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir, (10) diseminasi.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket. Wawancara saat studi pendahuluan, sedangkan angket untuk uji validasi ahli dan uji coba respon guru beserta anak didik. Data diolah dengan menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan buku teks pantomim untuk alternatif sumber belajar seni pertunjukan anak di sekolah dasar sangat dibutuhkan. Produk pengembangan berupa buku teks yang diberi judul “Pantomim Asyik ala Kak Prop”terdiri dari bagian awal, bagian isi dan bagian akhir dengan desain fisik, teks dan visual yang menarik. Pada bagian isi, dikembangkan sebuah konsep pantomim untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak berdasar teori Tony Buzan. Uji validitas oleh ahli materi dengan komponen penilaian keakuratan, kemutakhiran, penyajian dan muatan karakter pada materi, diperoleh skor 56, rata-rata 3,5 dan persentase 88% dengan kategori sangat baik. Uji validitas oleh ahli bahasa dengan komponen penilaian dialogis, interaktif, kelugasan, informatif, komunikatif, diperoleh skor 27, rata-rata 3,4 dan persentase 84% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba terbatas produk melalui angket respon guru dengan 20 butir penilaian didapati skor 572, rata-rata 3,6 dan persentase 89,4% dengan katagori sangat layak. Angket respon anak didik dengan 20 butir penilaian didapati skor 565, rata-rata 3,5 dan persentase 88,3% dengan kategori sangat layak. Disimpulkan buku teks pantomim yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk alternatif sumber belajar seni pertunjukan anakdi sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. |
Kata Kunci: | pengembangan buku teks, pantomim, sumber belajar, seni pertunjukan anak |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Buku-buku acuan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 09 May 2021 19:46 |
Last Modified: | 09 May 2021 19:46 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14021 |
Actions (login required)
View Item |