Pengembangan Model pembelajaran quantum berbasis saintifik Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Di sekolah dasar

ARIFTIANI, INDAH (2020) Pengembangan Model pembelajaran quantum berbasis saintifik Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Di sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (895kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kelayakan model pembelajaran Quantum berbasis saintifik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar, (2) Mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Quantum berbasis saintifik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Pengembangan model pembelajaran quantum berbasis saintifik dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development (R&D). Desain yang digunakan adalah desain pengembangan menurut Borg and Gall yang terdiri dari pengumpulan informasi, perencanaan pembelajaran, mendesain produk awal, uji coba produk, revisi produk, uji coba produk, produk akhir siap digunakan. Adapun produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa model pembelajaran quantum berbasis saintifik yang berisi sintak pembelajaran yang dilengkapi modul pembelajaran dan aplikasi media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran quantum berbasis saintifik terbukti layak digunakan dengan melihat hasil validasi ahli media, validasi ahli materi dan validasi ahli pembelajaran berturut-turut 89,29 %, 92,32 % dan 82,50 % dengan rata-rata persentase 88,04%. Kelayakan produk juga didasarkan atas ujicoba lapangan yang menunjukkan respon Guru dan respon Siswa berturut-turut 84,24 % dan 92,93 % dengan rata-rata persentase sebesar 88,59 %. Pengembangan model pembelajaran quantum berbasis saintifik efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket motivasi siswa yang menunjukkan rata-rata skor motivasi siswa terhadap penggunaan produk model pembelajaran adalah 90,84% dengan kategori sangat baik Saran dalam penelitian ini yaitu pengembangan model pembelajaran quantum berbasis saintifik hendaknya dapat diujicobakan secara langsung melalui tatap muka dalam lingkup kecamatan atau kabupaten untuk mengetahui kelayakan produk secara luas.Pengembangan model pembelajaran quantum berbasis saintifik dapat dikembangkan oleh guru secara berkelanjutan untuk materi dan subyek yang berbeda

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Ahmad Hilal Madjdi, M.Pd 2. Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: model pembelajaran quantum, pembelajaran saintifik,motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Jun 2021 23:55
Last Modified: 22 Jun 2021 23:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item View Item