ARIFTIANI, INDAH (2020) Pengembangan Model pembelajaran quantum berbasis saintifik Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Di sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (895kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (578kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (794kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (678kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (564kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kelayakan model pembelajaran Quantum berbasis saintifik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar, (2) Mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Quantum berbasis saintifik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Pengembangan model pembelajaran quantum berbasis saintifik dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development (R&D). Desain yang digunakan adalah desain pengembangan menurut Borg and Gall yang terdiri dari pengumpulan informasi, perencanaan pembelajaran, mendesain produk awal, uji coba produk, revisi produk, uji coba produk, produk akhir siap digunakan. Adapun produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa model pembelajaran quantum berbasis saintifik yang berisi sintak pembelajaran yang dilengkapi modul pembelajaran dan aplikasi media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran quantum berbasis saintifik terbukti layak digunakan dengan melihat hasil validasi ahli media, validasi ahli materi dan validasi ahli pembelajaran berturut-turut 89,29 %, 92,32 % dan 82,50 % dengan rata-rata persentase 88,04%. Kelayakan produk juga didasarkan atas ujicoba lapangan yang menunjukkan respon Guru dan respon Siswa berturut-turut 84,24 % dan 92,93 % dengan rata-rata persentase sebesar 88,59 %. Pengembangan model pembelajaran quantum berbasis saintifik efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket motivasi siswa yang menunjukkan rata-rata skor motivasi siswa terhadap penggunaan produk model pembelajaran adalah 90,84% dengan kategori sangat baik Saran dalam penelitian ini yaitu pengembangan model pembelajaran quantum berbasis saintifik hendaknya dapat diujicobakan secara langsung melalui tatap muka dalam lingkup kecamatan atau kabupaten untuk mengetahui kelayakan produk secara luas.Pengembangan model pembelajaran quantum berbasis saintifik dapat dikembangkan oleh guru secara berkelanjutan untuk materi dan subyek yang berbeda
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Ahmad Hilal Madjdi, M.Pd 2. Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | model pembelajaran quantum, pembelajaran saintifik,motivasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 23:55 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 23:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14224 |
Actions (login required)
View Item |