SAFITRI, ENDAH NOOR (2020) Peningkatan komunikasi matematis siswa kelas iv sd 1 gamong melalui model somatic, auditory, visualization, intellectualy berbantuan media papan bangun datar materi angun datar. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (483kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (228kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (143kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran model (SAVI) berbantuan media papan bangun datar. Komunikasi matematis siswa merupakan kemampuan yang penting dan harus dimiliki oleh setiap siswa dalam pembelajaran untuk menangkap ide-ide matematika. SAVI adalah model pembelajaran mengaitkan semua indera untuk mengaktifkan siswa melalui menggambar atau melakukan aktivitas, berbicara atau berkomunikasi, mengamati, dan berpikir. Media papan bangun datar adalah papan yang terdiri dari beberapa bentuk bangun datar persegi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 1 Gamong. Subjek penelitian ini terdiri dari 26 siswa kelas IV dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap menggunakan model PTK Kemmis & McTaggart yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI berbantuan media papan bangun datar, sedangkan variabel terikatnya adalah komunikasi matematis siswa kelas IV SD 1 Gamong dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data diperoleh dari tindakan yang dilakukan oleh peneliti yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model SAVI berbantuan media papan bangun datar sebagai berikut. (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa mningkat dari siklus I memperoleh rata-rata 70,76 dengan ketuntasan klasikal 61,53%, pada siklus II memperoleh rata-rata 77,38 dengan ketuntasan klasikal 76,92%, (2) Keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 2,51 dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh rata-rata 2,74 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model SAVI berbantuan media papan bangun datar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar pada kelas IV SD 1 Gamong. Saran yang diberikan yaitu hendaknya model SAVI dijadikan alternatif untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd. Dosen pembimbing 2 Savitri Wanabuliandari, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | : Komunikasi Matematis Siswa, Media Papan Bangun Datar, Keliling Dan Luas Bangun Datar, Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 19:25 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 19:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14227 |
Actions (login required)
View Item |