SARWONO, ARSITA YUNIA (2020) Analisis sikap sosial siswa kelas v sd 2 tenggeles. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (458kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (841kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (453kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis sikap sosial siswa dalam karakteristik siswa itu sendiri dalam kegiatan sehari-hari di ruang lingkup SD 2 Tenggeles dan guru dapat berperan dalam mengembangkan sikap sosial pada diri siswa. Penelitian ini membahas tentang sikap sosial siswa kelas V di SD 2 Tenggeles. Setiap siswa memiliki sikap yang bebeda-beda. Sikap sosial adalah kesadaran tiap individu dalam menentukan perilaku terhdap objek sosial. Sikap sosial memiliki dua jenis yaitu sikap positif dan sikap negatif. Sikap sosial yang muncul pada diri siswa sangat berpengaruh oleh lingkungan sosialnya. Lingkungan tersebut berupa lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Dan daalam lingkungn sekolah, guru dapat berperan dalam mengambangkan sikap sosial pada diri siswa agar lebih baik. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan teoritis. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD 2 Tenggeles kelas V di Desa Tenggeles, kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus dengan mengambil subjek siswa dan guru sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian di SD 2 Tenggeles, terdapat siswa yang memiliki sikap unik yang berkaitan dengan sikap sosial. Unik dalam arti setiap siswa memiliki sikap yang berbeda-beda. Selain ada yang memiliki sikap sosial yang kurang baik, ada juga siswa yang memiliki sisi yang baik. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung, interaksi siswa kepada guru terjalin dengan baik. Saat guru bertanya, mereka berani mengacungkan jari untuk menjawab pertanyaan tersebut dan membantu guru jika guru memerlukan bantuan. Maka dari itu, peran guru dalam membentuk sikap sosial siswa sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan siswa sehari-hari. Dapat disimpulkan bahwa sikap sosial siswa di SD 2 Tenggeles terbilang baik. Sikap sosial yang baik sangat penting dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa. Karena perilaku siswa dapat dicerminkan dari sikap sosial yang sudah dilakukan di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (1) Dr. Murtono, M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Eko Widianto, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | karakteristik siswa, sikap sosial |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 21:05 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 21:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14240 |
Actions (login required)
View Item |