Peningkatan hasil belajar tema 6 cita-citaku menggunakan model picture and picture berbasis kearifan lokal siswa berbantuan roda putar kelas iv sd n wonorejo 2 demak

SEPTIANINGSIH, ULIS (2020) Peningkatan hasil belajar tema 6 cita-citaku menggunakan model picture and picture berbasis kearifan lokal siswa berbantuan roda putar kelas iv sd n wonorejo 2 demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (954kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan yang sering di jumpai saat pembelajaran yaitu pembelajaran yang pasif dan masih berpusat pada guru mengakibatkan cenderung hasis belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan (1) Mendiskripsikan guru dalam pembelajaran melalui model Picture and Picture berbasis kearifan lokal tema 6 cita-citaku kelas IV SD N Wonorejo 2. (2) Mendiskripsikan aktivitas siswa malalui model Picture and Picture berbasis kearifan lokal belajar siswa melalui berbantuan roda putar tema 6 cita-citaku kelas IV SD N Wonorejo 2. (3) Mendiskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran model Picture and Picture berbasis kearifan lokal tema 6 cita-citaku kelas IV SD N Wonorejo 2. Hasil belajar adalah hasil (product) adalah sesuatu yang diperoleh karena dilakukan sebuah usaha atau proses yang mengakobatkan berubahanya input secara fungsional. Penelitian ini memfokuskan pengetahuan siswa dengan menggunakan tes pengetahuan dan tes keterampilan yang akan diambil melaui aktivitas siswa. Model Roda Putar adalah salah satu model kooperatif yang menggunakan papan putar yang terdapat setiap kolom yang terdiri dari angka setiap siswa memutar papan mengambil kartu soal mempermudah siswa dalam belajar IPS dan Bahasa Indonesia. Media ini digunakan ketika saat siswa berkelompok dengan kelompoknya, yaitu pada sintaks yang keduanya mengorganisasian siswa untuk belajar. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan pada kelas IV SD N Wonorejo 2 Demak dengan jumlah 36 siswa dan penelitian guru. Penelitian ini berlangsung 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Variabel bebas pada penelitian ini adalah Picture and Picture dan media Roda Putar. Variabel terikat pada penelitian yaitu hasil belajar, aktivitas siswa dan keterampilan guru.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,observasi,tes dan dokumentasi.Analisi data yang digunakan merupakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing (1) Dr.Irfai Fathurrohman, S.Pd.M,Pd. Dosen pembimbing (2) Deka Setiawan, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Hasil belajar,Picture and Picture, Media Roda Putar, Keterampilan Mengajar Guru
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 23:58
Last Modified: 23 Jun 2021 23:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14256

Actions (login required)

View Item View Item