Penerapan konseling behaviour teknik cognitive restructuring dalam mengatasi rendahnya Percaya diri terhadap masa depan

GISTANTO, LALANG (2020) Penerapan konseling behaviour teknik cognitive restructuring dalam mengatasi rendahnya Percaya diri terhadap masa depan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini sebagai berikut: 1. Menemukan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kepercayaan diri dalam masa depan yang dimiliki anak asuh panti asuhan Darusalamah Kudus. 2. Mendeskripsikan penerapan konseling behavior teknik cognitive restructuring dalam mengatasi rendahnya kepercayaan diri dalam masa depan pada anak asuh panti Darusalamah Kudus. Rendahnya kepercayaan diri dalam masa depan ditandai dengan pemikiran yang negatif terhadap potensi diri, dan menganggap bahwa anak panti tidak memiliki kesempatan yang sama dengan orang lain dalam mengapai masa depan yang cemerlang. Behavioristik adalah sebuah teori tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. Cognitive Restructuring merupakan sebuah metode yang paling penting dalam teori perilaku kognitif yang berdasarkan pada asumsi bahwa kognisi yang salah seperti keyakinan, harapan, dan cara berpikir individu yang maladaptif adalah penyebab perilaku abnormal. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian merupakan dua anak asuh panti Darusalamah Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan induksi sistem bacon. Hasil penunjukan faktor yang menyebabkan rendahnya kepercayaan diri terhadap masa depan yang dialami oleh konseli I adalah kondisi ekonomi keluarga, dan dukungan orangtua. Pada konseli II faktor penyebab rendahnya kepercayaan diri terhadap masa depan adalah kondisi ekonomi dan pola pikir negatif terhadap masa depan konseli. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan konseling behavior teknik cognitive restructuring dalam mengatasi rendahnya kepercayaan diri dalam masa depan pada anak asuh panti Darusalamah Kudus diawali dengan tahap assessment, kemudian Goal Setting, dilanjutkan dengan technique implementation, dan diakhiri dengan evaluation termination and feedback. Hasil yang diperoleh dari konseli I adalah konseli I berhasil tidak membandingkan kehidupan yang dimilikinya dengan kehidupan orang lain. Konseli II berhasil melepaskan beban material yang selama ini dipandang sebagai satu-satunya kunci keberhasilannya dalam meraih masa depan. Saran yang disampaikan peneliti kepada pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Anak Asuh: Anak asuh hendaknya memupuk rasa percaya diri dalam masa depan dengan selalu bersyukur atas apa yang dimilikinya. Serta mengkomunikasikan apa yang diinginkan kepada orang-orang terdekat. 2. Penelitian selanjutnya: Peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan pendekatan behavior teknik cognitive restructuring dalam mengatasi berbagai hal yang dialami oleh anak asuh, ataupun pihak lain yang membutuhkan layanan konseling individual. 3. Pengasuh Panti Asuhan: Pengasuh panti asuhan hendaknya memberikan berbagai pelatihan kemandirian kepada semua anak asuh. Agar anak asuh memiliki bekal yang cukup ketika kembali ke masyarakat. Tidak hanya bekal agama, tetapi kompetensi dalam mengarungi kehidupan dalam bermasyarakat seperti pelatihan kerja dan berwirausaha.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing 2 Drs. Sucipto, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Konseling Behavioristik Teknik Cognitive Restructuring, Rendahnya Percaya Diri terhadap Masa Depan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Jun 2021 21:08
Last Modified: 25 Jun 2021 21:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14310

Actions (login required)

View Item View Item