ROHMAN, ABDUL (2020) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android pada materi pecahan Untuk siswa kelas vi sekolah dasar. Master thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version Download (735kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (204kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
lampiran belakang.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah (1) maraknya pengguaan android di kalangan peserta didik, (2) terbatasnya media pembelajaran matematika dan (3) kurangnya minat belajar matematika peserta didik. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai yaitu: (1) Menganalisa kebutuhan media pembelajaran matematika yang inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mempelajari materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. (2) membuat model hipotetik pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android dengan memanfaatkan Aplikasi Smart Apps Creator 3, (3) menganalisa keefektifan media pembelajaran matematika berbasis android dengan memanfaatkan Aplikasi Smart Apps Creator 3 untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mempelajari materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan mengacu pada pendapat Borg and Gall. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN 1,2,3, dan 4 Keling Kabupaten Jepara, dengan alat pengumpul data yang digunakan antara lain: angket/ kuisioner, tes, Observasi, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah uji validitas dan reliabilitas instrument, uji normalitas, homogenitas, uji independent sample t-test, dan Uji n-Gain. Pada penelitian menunjukkan hasil uji normalitas menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,094 dan 0,101 lebih besar 0,05 dengan kesimpulan hasil belajar terdistribusi normal. Sedang uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi hasil belajar 0,215 lebih besar 0,05 dengan kesimpulan varian data hasil belajar sama. Nilai t-hitung 2,442 lebih besar dari t-tabel 2,032, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima asumsi terdapat perbedaan signifikan hasil belajar dengan media pembelajaran yang berbeda. Nilai n-Gain sebesar 0,467 pada tabel n-gain Hake berada pada kategori sedang. Kesimpulannya adalah penggunaan media pembelajaran matematika berbasis android efektif meningkatkan minat siswa mempelajari matematika.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing 1 Dr. Murtono,M.Pd Dosen pembimbing 2 Dr. Mochamad Widjanarko,M.Si |
Kata Kunci: | Media matematika, pecahan, android, minat belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 23:27 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 23:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14318 |
Actions (login required)
View Item |