Penerapan model numbered head together berbantuan media Papan peta budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd n pohgading

ARINDITA, MU’ARIFATUN NI’MAH (2020) Penerapan model numbered head together berbantuan media Papan peta budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd n pohgading. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Papan peta budaya dan Mengemukakan Hasil Belajar Siswa Muatan Bahasa Indonesia Dan PPKn Pada Kelas IV SDN Pohgading. Hasil belajar adalah hasil yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan serangkaian proses pembelajaran. Numbered Head Together adalah suatu model pembelajaran secara berkelompok yang mencoba membuat siswa untik lebih aktif dan berkerjasama dengan teman satu kelompoknya untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Numbered Head Together berbantuan media Papan peta budaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengar siswa tema indahnya keragaman di negeriku muatan Bahasa indonesia dan PPKn pada kelas IV SDN Pohgading. Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan di kelas IV SDN Pohgading dengan subjek 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap perencannan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas model Numbered Head Together berbantuan media Papan peta budaya sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentsi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuntitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran tema 7 indahnya keberagaman di Negeriku melalu penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Papan peta budaya kelas IV SDN Pohgading Pati meningkat setiap siklusnya. Persentase hasil belajar siswa aspek pengetahuan muatan Bahasa Indonesia siklus I 63,15% (cukup) meningkat siklus II 84,21% (baik), muatan PPKn siklus I 73,68% (cukup) meningkat siklus II 89,47 (sangat baik), hasil belajar aspek sikap siklus I 66,44% (kurang) meningkat siklus II 78.48% (baik), hasil belajar siswa aspek keterampilan siklus I 69,92% (cukup) meningkat siklus II 77,62 (baik). Keterampilan guru siklus I 70% meningkat siklus II 80% (baik). Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Papan peta budaya Kelas IV SDN Pohgading terbukti meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Deka Setiawan, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Numbered Head Together (NHT), Papan peta budaya
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Jul 2021 19:44
Last Modified: 01 Jul 2021 19:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item View Item