Analisis nilai karakter peduli sosial siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler seni tari di kelas iii tahun ajaran 2020/2021 sdn 4 panjunan kudus

DEWI, ILMA LESTIANA (2021) Analisis nilai karakter peduli sosial siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler seni tari di kelas iii tahun ajaran 2020/2021 sdn 4 panjunan kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran ekstrakulikuler seni tari dan menganalisis nilai karakter peduli sosial siswa yang muncul pada saat kegiatan ekatrakulikuler seni tari di kelas III SDN 4 Panjunan Kudus. Penelitian ini membahas tentang nilai karakter peduli sosial siswa dalam kegiatan pembelajaran ekstrakulikuler seni tari. Ekstrakulikuler seni tari adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan di luar jam pelajaran umum dalam bidang kesenian budaya yang merupakan warisan kebudayaan Indonesia yang perlu dilestarikan. Ekstrakulikuler seni tari dapat menumbuhkan nilai karakter melalui sebuah tarian yang memiliki makna tersendiri, salah satunya yaitu karakter peduli sosial karena setiap manusia tidak dapat hidup sendiri dan saling membutuhkan. Sejalah dengan pernyataan tersebut, penelitian ini akan menjelaskan nilai karakter peduli sosial siswa dalam proses kegiatan ekstrakulikuler seni tari pada siswa kelas III SDN 4 Panjuna Kudus secara mendalam. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sebagai tahapan pelaksanaan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Panjunan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus, dengan subjek penelitian oleh seluruh siswa kelas III tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 12 siswa serta wali kelas III yang digunakan sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan yang selanjutnya dengan menganalisis data menggunakan data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya proses kegiatan pembelajaran yang dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan metode latihan, dimana guru memberikan contoh gerakan tari kepada siswa. Melalui kegiatan ekstrakulikuler seni tari mampu mewujudkan nilai karakter peduli sosial di lingkungan sekolah yang ditunjukkan berdasarkan indikator indikator kesopansantunan, rasa tanggung jawab, dan kesadaran. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat proses kegiatan pembelajaran ekstrakulikuler seni tari yang mewujudkan nilai karakter peduli sosial siswa yang diperoleh melalui adanya pembiasaan dan pembinaan yang dilakukan oleh siswa dan guru pada saat kegiatan pembelajaran di sekolah.Sehingga nilai karakter yang dimiliki setiap siswa dapat terwujud.Sikap yang ditunjukkan siswa pada saat kegiatan pembelajaran ekstrakulikuler seni tari merupakan karakter yang dimiliki masing-masing siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Fina Fakhriyah, S. Pd., M. Pd. Pembimbing 2 Sekar Dwi Ardianti, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Karakter Peduli Sosial, Ekstrakulikuler Seni Tari
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jul 2021 20:36
Last Modified: 08 Jul 2021 20:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14449

Actions (login required)

View Item View Item