Faisal Novey, Muhammad (2013) PERANCANGAN PROTOTYPE RANGKA DAN BODY KENDARAAN HEMAT BAHAN BAKAR. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
PDF (BAB I )
BAB_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB_2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (735kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (BAB III)
BAB_3.pdf - Accepted Version Download (794kB) |
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (170kB) |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Harga minyak mentah di pasaran dunia kini makin bertambah mahal, ini dikarenakan makin berkurangnya cadangan minyak dunia. Padahal mayoritas sarana transportasi menggunakan minyak sebagai sumber utama penghasil energi. Sehingga biaya untuk membeli bahan bakar pun terasa makin berat. Melihat kondisi energi Indonesia saat ini yang sedang berada di titik terendahnya, khususnya kelangkaan BBM yang terjadi di berbagai kota. Disamping menghimbau untuk menggunakan energy secara efisien dan berhemat, sudah saaatnya untuk menerapkan kebijakan-kebijakn khusus dalam upaya menghemat pengunaan BBm. Salah satunya dengan sebuah inovasi ilmu pengetahuanyang semakin berkembang. Dengan terjadinya kelangkaan BBM, maka para intelektual akan selalu bereksperimen untuk menemukan suatu hal yang sangat menarik untuk ikut menekan kelangkaan BBM yang terjadi. Dengan menciptakan suatu karya yang bisa digunakan sebagai acuan yaitu membuat kendaraan hemat bahan bakar. Segala perhitungan yang mendukung dalam perancangan kendaraan ini adalah untuk membuat perencanaaan yang mendekati sempurna untuk kendaraan hemat bahan bakar. Berdasarkan tinjaun yang dilakukan untuk membuat kendaraan yang hemat bahan bakar adalah dengan memperhitungkan gaya hambat yang terajdi. Dimulai denga perancangan rangka yang menggunakan bahan yang ringan yaitu Alumunium 1100. Dan pemilihan komponen pendukung yang tepat untuk mengurangi gaya gesek yang terjadi. Selain pertimbangan dalam pertimbangan dalm merancang rangka kendaraan yang tepat, hal lain yang diperhitungkan adalah desain body. Dengan mempertimbangkan ergonomic maka bentuk body terbentuk dan menghasilkan bidang-bidang datar yang akan menjadi kambatan kendaraan ketika melaju. Dengan permukaan yang datar dan paling luas, mengalami hambatan sebesar 12620,45 N/m . Setelah ada perubahan sudut mengalami penurunan 12579,34 N/m .
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Ir. Masruki Kabib, MT. dan Rochmat Winasro, ST., MT. |
Kata Kunci: | Kata kunci: body, gaya gesek, gaya hambat, hemat, rangka. |
Subjects: | Teknologi > T1 Teknologi (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Ririn Mela Safitri |
Date Deposited: | 16 Jul 2013 02:35 |
Last Modified: | 16 Jul 2013 02:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1449 |
Actions (login required)
View Item |