Pembuatan mesin las gesek tipe pneumatik bertenaga motor listrik dengan daya 1 hp

ROHMAN, FATUR (2021) Pembuatan mesin las gesek tipe pneumatik bertenaga motor listrik dengan daya 1 hp. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (616kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Mesin las gesek dengan sistem pneumatik merupakan suatu proses pemesinan dimana dua batang poros digabungkan yang mana nyala las diperoleh akibat dari kombinasi antara gesekan dan tekanan. Proses penyambungan mesin las gesek memerlukan suatu batang poros yang berputar lalu yang satu diam akan tetapi bergerak maju memberikan tekanan ke poros yang lain. Kedua poros kemudian disentuhkan sehingga menimbulkan ikatan metalurgi yang diperlihatkan dengan adanya nyala las pada ujung poros. Dibutuhkan kecepatan dan nilai tekan yang sesuai agar menghasilkan mengasilkan lasan yang sempurna. Metode dalam pembuatan mesin las gesek dengan sistem pneumatik ini dimulai dengan proses perencanaan, pembuatan, perakitan dan pengujian mesin. Tahapan dalam pembuatan mesin las gesek dengan sistem pneuamtik antara lain : menggambar kerja, pemotongan bahan untuk komponen pembuatan sesuai gambar kerja, pengeboran, pembubutan, pengefraisan, pengelasan, perakitan, finishing, analisis seluruh biaya, pengujian kinerja mesin yang dibuat dan pengujian spesimen hasil dari proses mesin las gesek dengan sistem pneumatik. Hasil yang dicapai yaitu mesin las gesek dengan sistem pneumatik berjalan dengan kondisi fungsional yang baik dengan kecepatan putaran maksimum 2800 rpm dan nilai tekanan maksimum 8,5 bar. Selanjutnya mesin tersebut akan digunakan sebagai sarana praktikum di Laboraturium Teknik Mesin Universitas Muria Kudus. Dari hasil pengujian spesimen uji stainless steel 304 yang ada, didapatkan data bahwa spesimen uji 1 mengalami putus sambungan. Hal ini disebabkan karena tekanan pneumatik yang digunakan pada spesimen uji 1 tergolong rendah yakni 2 bar. Sedangkan perbedaan tekanan pada spesimen uji lain menimbulkan perbedaan pada tekstur dari flash yang terjadi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Qomaruddin, S.T., M.T. Pembimbing 2 Dr. Akhmad Zidni Hudaya, S.T., M.Eng.
Kata Kunci: las gesek, pneumatik, gesekan, putaran, tekanan
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum)
Teknologi > Teknik mesin dan mekanik
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Jul 2021 19:25
Last Modified: 15 Jul 2021 19:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14513

Actions (login required)

View Item View Item