survei sebaran dan hubungan teknik budidaya terhadap produksi tanaman rempah-rempah pada sistem agroforestri di tujuh desa konservasi pada kawasan pegunungan muria

rafita, rana (2021) survei sebaran dan hubungan teknik budidaya terhadap produksi tanaman rempah-rempah pada sistem agroforestri di tujuh desa konservasi pada kawasan pegunungan muria. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of hal.judul]
Preview
Text (hal.judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (834kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di 7 Desa yang mencakup 3 Kabupaten yaitu Desa Plukaran Kec. Gembong Kab. Pati, Desa Sitiluhur Kec. Gembong Kab. Pati, Desa Jrahi Kec. Gunung Wungkal Kab. Pati, Desa Menawan Kec. Gebog Kab. Kudus, Desa Ternadi Kec. Dawe Kab. Kudus, Desa Tempur Kec. Keling Kab.. Jepara, Desa Bungu Kec. Mayong Kab. Jepara pada Bulan September – Oktober 2019 dengan tujuan untuk mengetahui sebaran jenis tanaman rempah-rempah dan hubungan antara luas lahan, jumlah tanaman dan jumlah pupuk terhadap produksi rempah-rempah pada sistem agroforestri ditujuh Desa konservasi pada kawasan pegunungan Muria. Penelitian ini dilakukan dengan cara pertama survei secara langsung dengan metode transek, teknik pengumpulan data menggunakan plot persegi garis berpetak. 3 jalur transek sebagai stasiun dengan 3 plot pada setiap stasiunnya, sehingga diperoleh 9 petak persegi pada setiap Desa. Kedua menggunakan survei dengan metode wawancara melalui kuisioner observasi secara langsung dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan, sebaran tanaman rempah memiliki indeks keanekaragaman tinggi Desa Ternadi menunjukkan H’ 1,67 dan terendah di Desa Jrahi H’ 0,16. Nilai indeks penting (INP) 7 Desa tanaman yang paling banyak dijumpai tanaman cengkeh (Syzygium aromaticum) dengan persamaan regresi Y=1,82–0,00153+0,4927+0,0486 ketiga variabel secara bersama-sama memiliki pengaruh sangat kuat terhadap produksi (Y), namun pada penelitian di Desa Bungu tanaman yang paling banyak dijumpai tanaman lengkuas (Alpinia galangal) masing-masing Desa memiliki tanaman yang mampu beradaptasi dengan baik sehingga masyarakat berminat untuk memberdayakannya. Berdasarkan hasil korelasi luas lahan (X1) dengan produksi untuk kategori nilai koefisien korelasi 0,445 s/d 0,809 tanaman cengkeh (Syzygium aromaticum) memiliki nilai 0,445, lengkuas (Alpinia galangal) nilai 0,795 dan kapulaga (Amomum compactum) dengan nilai 0,809. Jumlah tanama (X2) dengan produksi untuk kategori nilai koefisien korelasi 0,833 s/d 0,999 tanaman cengkeh (Syzygium aromaticum) memiliki nilai 0,904, lengkuas (Alpinia galangal) dengan nilai 0,833, kapulaga (Amomum compactum) dengan nilai 0,941 dan serai (Cymbopogon) dengan nilai 0,942. Jumlah pupuk (X3) dengan produksi untuk kategori nilai koefisien korelasi 0,589 s/d 0,768 tanaman cengkeh (Syzygium aromaticum) memiliki nilai 0,589 dan kapulaga (Amomum compactum) dengan nilai 0,768.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 : Drs. RM Hendy HHS,M.Si pembimbing 2 : Ir.Untung Sudjianto,M.S
Kata Kunci: Sebaran Tanaman Rempah, Indeks Keanekaragaman, Indeks Nilai Penting, Sistem Agroforesrti, Produksi
Subjects: Pertanian > Pertanian (umum) > Pelestarian suber daya alam. Termasuk pelestarian lahan
Pertanian > Pertanian (umum)
Program Studi: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Sep 2021 19:37
Last Modified: 24 Sep 2021 19:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14863

Actions (login required)

View Item View Item