MELANI, MAYA (2021) Konseling behavioristik dengan teknik shaping untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada peserta didik bimbingan belajar bintang jekulo kudus. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (339kB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (320kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan konseling behavioristik dengan teknik shaping dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di Bimbingan Belajar Bintang, 2. Mengetahui faktor-faktor yang menghambat peningkatakan kedisiplinan belajar peserta didik di Bimbingan Belajar Bintang. Kedisiplinan belajar merupakan bentuk ketaatan, kepatuhan, keteraturan peserta didik dalam belajar. Untuk mencapai keberhasilan dalam pendidikan sangat diperlukan kedisiplinan belajar yang tinggi dalam diri peserta didik. Untuk membantu peserta didik yang memiliki kedisiplinan belajar rendah maka peneliti berupaya menerapkan konseling behavioristik dengan teknik shaping untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik. Konseling behavioristik merupakan pendekatan konseling yang diberikan oleh konselor guna merubah periku maladaptive menjadi adaptive. Dengan diberikannya konseling behavioristik diharapkan permasalahan peserta didik yang kurang disiplin belajar dapat terentaskan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik shaping yaitu membentuk tingkah laku baru yang sebelumnya belum pernah dijalankan dengan cara meberikan reinforcement. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus bimbingan dan konseling. Subjek yang akan diteliti adalah peserta didik di Bimbingan Belajar Bintang sebanyak 2 subjek yang memiliki masalah kurang disiplin belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi secara mendalam sehingga mendapatkan data yang valid kondisi subjek mengenai kedisiplinan dalam belajar. Hasil penelitian ini bahwa proses konseling di bimbingan belajar Bintang, sudah mampu membentuk perilaku baru konseli yakni aktif dan tepat waktu masuk kelas, mengikuti pembelajaran, bertanggungjawab, tepat waktu menyelesaikan tugas, mandiri mengerjakan tugas, terbiasa mengerjakan PR, menjaga ketertiban lingkungan, dan tidak membolos. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling teknik shaping untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik sangat efektif. Penelitian berharap peserta didik dapat mempertahankan perilaku baru yang telah dibentuk.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Santoso, M.Pd, Pembimbing 2 Drs. Sucipto, M.Pd., Kons. |
Kata Kunci: | Konseling Behavioristik, Teknik Shaping, Kedisiplinan Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 22:22 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 22:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14942 |
Actions (login required)
View Item |