Penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran di rumah pada masa pandemi covid 19 bagi siswa sd negeri rejosari 1 karangawen

GUNTORO, GUNTORO (2021) Penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran di rumah pada masa pandemi covid 19 bagi siswa sd negeri rejosari 1 karangawen. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
Hal.Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pandemi covid 19 terhadap proses belajar siswa terutama dalam Penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak Propinsi Jawa Tengah. Tujuannya ialah: (1) Untuk mendeskripsikan pola Pendidikan Karakter di rumah pada masa pandemi siswa SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. (2) Untuk mengetahui Penguatan nilai nilai Pendidikan Karakter pada masa pandemi Covid 19 di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. (3) Untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran di rumah SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen. Tehnik pengumpulan data penelitian meliputi (1) wawancara mendalam dengan siswa; guru dan orang tua serta yang terlibat dalam pembelajaran di rumah. (2) obsevasi secara langsung maupun tidak langsung; (3) dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: ada empat pola yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu melalui materi pembelajaran, aturan-aturan sekolah, peghargaan siswa berprestasi dan praktik ibadah harian dan bimbingan kerohanian. Penguatan nilai-nilai karakter di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Demak melalui tiga tahap yaitu, tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap trans-internalisasi nilai. Adapun Penguatan nilai karakter yang terintegrasi pada pembelajaran di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Demak meliputi: religius, disiplin, tekun, rasa ingin tahu, peduli, serta tanggung jawab, dengan pelaksanaan pembelajaran di rumah melalui grup whatsapp dan pendampingan belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd. pembimbing 2 :Dr. Santoso, M. Pd
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pandemi Covid 19, Pembelajaran, Rumah
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 22:33
Last Modified: 28 Sep 2021 22:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14982

Actions (login required)

View Item View Item