Penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran di rumah pada masa pandemi covid 19 bagi siswa sd negeri rejosari 1 karangawen

GUNTORO, GUNTORO (2021) Penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran di rumah pada masa pandemi covid 19 bagi siswa sd negeri rejosari 1 karangawen. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
Hal.Judul.pdf - Published Version

Download (451kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (456kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pandemi covid 19 terhadap proses belajar siswa terutama dalam Penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak Propinsi Jawa Tengah. Tujuannya ialah: (1) Untuk mendeskripsikan pola Pendidikan Karakter di rumah pada masa pandemi siswa SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. (2) Untuk mengetahui Penguatan nilai nilai Pendidikan Karakter pada masa pandemi Covid 19 di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. (3) Untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran di rumah SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen. Tehnik pengumpulan data penelitian meliputi (1) wawancara mendalam dengan siswa; guru dan orang tua serta yang terlibat dalam pembelajaran di rumah. (2) obsevasi secara langsung maupun tidak langsung; (3) dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: ada empat pola yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu melalui materi pembelajaran, aturan-aturan sekolah, peghargaan siswa berprestasi dan praktik ibadah harian dan bimbingan kerohanian. Penguatan nilai-nilai karakter di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Demak melalui tiga tahap yaitu, tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap trans-internalisasi nilai. Adapun Penguatan nilai karakter yang terintegrasi pada pembelajaran di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Demak meliputi: religius, disiplin, tekun, rasa ingin tahu, peduli, serta tanggung jawab, dengan pelaksanaan pembelajaran di rumah melalui grup whatsapp dan pendampingan belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd. pembimbing 2 :Dr. Santoso, M. Pd
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pandemi Covid 19, Pembelajaran, Rumah
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 22:33
Last Modified: 28 Sep 2021 22:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14982

Actions (login required)

View Item View Item