GUNTORO, GUNTORO (2021) Penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran di rumah pada masa pandemi covid 19 bagi siswa sd negeri rejosari 1 karangawen. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Text (hal judul)
Hal.Judul.pdf - Published Version Download (451kB) |
|
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (266kB) |
|
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (456kB) |
|
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pandemi covid 19 terhadap proses belajar siswa terutama dalam Penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak Propinsi Jawa Tengah. Tujuannya ialah: (1) Untuk mendeskripsikan pola Pendidikan Karakter di rumah pada masa pandemi siswa SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. (2) Untuk mengetahui Penguatan nilai nilai Pendidikan Karakter pada masa pandemi Covid 19 di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. (3) Untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran di rumah SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen. Tehnik pengumpulan data penelitian meliputi (1) wawancara mendalam dengan siswa; guru dan orang tua serta yang terlibat dalam pembelajaran di rumah. (2) obsevasi secara langsung maupun tidak langsung; (3) dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: ada empat pola yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu melalui materi pembelajaran, aturan-aturan sekolah, peghargaan siswa berprestasi dan praktik ibadah harian dan bimbingan kerohanian. Penguatan nilai-nilai karakter di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Demak melalui tiga tahap yaitu, tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap trans-internalisasi nilai. Adapun Penguatan nilai karakter yang terintegrasi pada pembelajaran di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Demak meliputi: religius, disiplin, tekun, rasa ingin tahu, peduli, serta tanggung jawab, dengan pelaksanaan pembelajaran di rumah melalui grup whatsapp dan pendampingan belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 :Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd. pembimbing 2 :Dr. Santoso, M. Pd |
Kata Kunci: | Pendidikan Karakter, Pandemi Covid 19, Pembelajaran, Rumah |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 22:33 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 22:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14982 |
Actions (login required)
View Item |