Mengatasi kecemasan akibat pembelajaran daring dalam situasi pandemi covid-19 melalui pendekatan konseling behavioristik dengan teknik self management

ARESA, DICHA (2021) Mengatasi kecemasan akibat pembelajaran daring dalam situasi pandemi covid-19 melalui pendekatan konseling behavioristik dengan teknik self management. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (687kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (217kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (186kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan akibat Sekolah daring/online pada siswa kelas1, 2. Untuk membantu mengatasi kecemasan akibat pembelajaran daring pada siswa kelas 1 melalui konseling behavioristik dengan teknik self management. Konseling behavioristik adalah layanan konseling yang berpusat pada masalah tingkah laku yang tidak sesuai pada klien yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal dengan mengubahnya menjadi tingkah laku yang sesuai. Teknik self management adalah teknik yang menunjukan pada pelaksanaan dan penanganan kehidupan seseorang dengan mengunakan suatu ketrampilan yang dipelajari. Self management bertujuan untuk membantu individu agar dapat mengatur dan mengubah perilakunya sendiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan penelitian kualitif deskriptif. Adapun subjek yang diteliti adalah siswa yaitu AFD dan NHM siswa tersebut mengalami kecemasan akibat pembelajaran daring. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, peneliti menemukan berbagai faktor yang menyebabkan kecemasan Sekolah Daring/onlineyang dialami oleh siswa tersebut, serta pengaruh penerapan konseling behavioristik dengan teknik self management dari konseli yaitu: (1) Konseli AfD faktor internal Pada kondisi AFD disebabkan karena belajar kurang fokus dan terlalu rumit materi yang dijelaskan oleh guru. Konseli juga tidak merasa senang/kurang minat dengan pemebelajaran daring yang sedang dihadapinya. Faktor ekternalnya adalah Konseli cemas karena Pembelajaran Daring yang entah kapan selesai karena situasi Pandemi Covid-19. Akses biaya internet mahal dan jaringan pun tidak selalu stabil saat pembelajaran berlangsung. Kurangnya dukunngan dillingkungan sekitar dan masalah keuangan. (2) konseli NHM faktor internal adalah karena Pembelajaran Daring membosankan dan agar siswa bisa masuk sekolah seperti biasa. Faktor eksternal adalah kondisi konseli NHM sudah pusing dengan covid-19 yang tidak usai sampai sekarang, dan ingin bermain dengan teman-temannya disekolah. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan konseling behavioristik dengan teknik self management tepat untuk mengatasi kecemasan akibat Pembelajaran Daring pada siswa yang mengganggu aktivitasnya dalam belajar. Disarankan bagi siswa (konseli) diharapkan dapat lebih memahami dampak yang akan timbul akibat kecemasan dan perilakunya yang tidak sesuai. Bagi siswa dapat terbantu dalam mengatasi kecemasan akibat Pembelajaran Daring yang menimpa dirinya. Serta bagi peneliti (konselor) dapat meningkatkan kualitas layanan bimbingan konseling terutama layanan konseling individu. Hal ini dirasa perlu dilakukan karena banyak sekali masalah yang tidak bisa dibatasi dengan layanan yang sifatnya kelompok atau klasikal. Dengan layanan konseling individu pula kita bisa mengenal dan memahami individu/siswa yang mengalami kecemasan secara mendalam dan menyeluruh. Dengan demikian masalah yang dialami siswa akan dapat teratasi dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (ii) Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd.
Kata Kunci: Kecemasan Pembelajaran Daring, Konseling Behavioristik, Teknik Self Management.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 23:30
Last Modified: 28 Sep 2021 23:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14990

Actions (login required)

View Item View Item