Peran guru dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa kelas v sdn tambahmulyo 1

Nurdiana Sari, Wann (2021) Peran guru dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa kelas v sdn tambahmulyo 1. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (326kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (324kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Tambahmulyo 1, (2) menganalisis peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN Tambahmulyo 1, (3) menganalisis faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Tambahmulyo 1 (4) menganalisis faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN Tambahmulyo 1. Peran guru merupakan tindakan yang dilakukan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar adalah segala usaha yang dapat memberikan pengaruh dan dorongan kepada seseorang untuk belajar yang timbul dari dirinya sendiri maupn dari orang lain. Minat belajar merupakan keinginan individu terhadap kegiatan belajar yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di SDN Tambahmulyo 1 Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati, dengan mengambil informan penelitian guru kelas V dan siswa kelas V SDN Tambahmulyo 1. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan merupakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu sebagai informator, director, motivator, evaluator dan mediator. Sedangkan peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan pemberian fasilitas belajar, mengoorganisasikan pembelajaran, penggunaan media, dan penerapan ide kreatif dalam pembelajaran. Faktor pendukung guru dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa yaitu keinginan siswa itu sendiri, sarana prasarana, lingkungan sekitar, dan keluarga. Faktor penghambat guru dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa yaitu keinginan siswa untuk belajar dan pola asuh orang tua siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Murtono, M.Pd pembimbing 2 :Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A
Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 19:33
Last Modified: 29 Sep 2021 19:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15002

Actions (login required)

View Item View Item