Meningkatkan kedisipilinan belajar melalui bimbingan kelompok teknik problem solving pada siswa Kelas xi ips 1 ma nahdlotussibyan demak

Ervina Safitri, Eka (2021) Meningkatkan kedisipilinan belajar melalui bimbingan kelompok teknik problem solving pada siswa Kelas xi ips 1 ma nahdlotussibyan demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal depa] Text (hal depa)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (10MB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok teknik problem solving dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nahdlotussibyan Demak. 2. Mendeksripsikan peningkatan kedisiplinan belajar pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nahdlotussibyan Demak setelah pelaksanaan bimbingan kelompok teknik problem solving. Kedisiplinan belajar merupakan kondisi siswa yang rajin berangkat sekolah, tidak terlambat masuk kelas setelah selesai waktu istirahat, aktif dalam mengikuti proses belajar dan mengajar, memperhatikan dengan sungguh-sungguh saat guru mengajar. Selain itu siswa mengerjakan soal latihan dengan baik, tidak menganggap sepele pelajaran yang diberikan oleh guru, tidak membuat keributan atau kegaduhan saat guru meninggalkan ruang kelas, tidak menyontek, dan mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Prosedur pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving mengikuti pelaksanaan bimbingan kelompok secara umum yang meliputi tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. Penelitian dilaksanakan di MA Nahdlotussibyan Demak pada tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yaitu PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah lima siswa kelas XI IPS 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Kedisiplinan belajar yang dimiliki oleh subjek penelitian setiap pertemuan mengalami peningkatan. Pra siklus diketahui kedisiplian belajar mencapai skor 6,81 (34%) kategori (Sangat Kurang). Siklus I pertemuan pertama skor kedisiplinan belajar sebesar 7,76 (39%) kategori (Sangat Kurang), pertemuan kedua diperoleh skor 8,62 (43%) kategori (Kurang), pertemuan ketiga skor mencapai 9,43 (47%) kategori (Kurang). Siklus II pertemuan pertama skor kedisiplinan belajar pada subjek penelitian sebesar 11,10 (55%) kategori (Kurang), pertemuan kedua sebesar 12,48 (62%) kategori (Baik), pertemuan ketiga 14,73 (74%) kategori (Baik). Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) Penerapan bimbingan kelompok teknik problem solving dalam meningkatkan kedisiplinan belajar di masa pendemi covid-19 pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nahdlotussibyan Demak di siklus I mendapatkan skor 58% kategori (Kurang), pada siklus II mendapatkan skor 81 kateogori (Sangat Baik). Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “Bimbingan kelompok teknik problem solving dapat meningkatkan kedisiplinan belajar di masa pendemi covid-19 pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nahdlotussibyan Demak Tahun Pelajaran 2020/2021” diterima. (2) Kedisiplinan belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nahdlotussibyan Demak mengalami peningkatan. Pra siklus diketahui siswa mendapatkan skor 34% (Sangat Kurang), siklus I kedisiplinan belajar siswa mengalami peningkatan dengan skor 47% kategori (Kurang), pada siklus II mencapai skor 74% (Baik). Dengan demikian maka hipotesis tindakan yang berbunyi “Ada peningkatan kedisiplinan belajar di masa pendemi covid-19 pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nahdlotussibyan Demak Tahun Pelajaran 2020/2021 setelah diberikan bimbingan kelompok teknik problem solving” diterima. Saran yang disampikan peneliti yaitu: (1) Siswa hendaknya menjaga kedisiplinan dalam belajar setelah pelaksanaan bimbingan kelompok teknik problem solving. (2) Guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan bimbingan kelompok teknik problem solving dalam mengatasi berbagai permasalahan siswa, khususnya pada peningkatan kedisiplinan belajar. (3) Kepala sekolah hendaknya melakukan komunikasi kepada wali murid atau orang tua siswa terkait pelaksanaan pembelajaran daring ataupun luring yang telah dilaksanakan di sekolah, sehingga berbagai masalah yang muncul dapat segera diatasi. (4) Peneliti selanjutnya hendaknya mengkaji berbagai masalah yang muncul di sekolah yang menerapkan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, sehingga peran bimbingan dan konseling di sekolah dapat dirasakan dengan benar oleh semua aspek masyarakat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons pembimbing 2 :Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd.
Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 19:44
Last Modified: 29 Sep 2021 19:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15003

Actions (login required)

View Item View Item