Pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak di desa gondosari kecamatan gebog kabupaten kudus

Nadhifah, Izzatullaili (2021) Pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak di desa gondosari kecamatan gebog kabupaten kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (505kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (210kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (837kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak di Desa Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, dengan rumusan masalah jenis pola asuh yang diterapkan orang tua di Desa Gondosari kecamatan Gebog Kabupaten Kudus dan penerapan pola asuh orang tua terhadap anak dalam meningkatkan motivasi belajar anak di desa Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Penelitian ini membahas mengenai pola asuh orang tua dan penerapannya terhadap motivasi belajar anak. Pola asuh orang tua merupakan sikap orang tua dalam berinteraksi, membimbing, membina dan mendidik anak-anaknya dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan menjadikan anak sukses menjalani kehidupan ini. Terdapat tiga jenis pola asuh yakni pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh permisif. Sedangkan motivasi belajar adalah suatu proses untuk mengingatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan pembelajaran atau keadaan dan kesiapan dalam diri siswa yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang akan dilaksanakan di Desa Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, dengan mengambil subjek orang tua dan siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan jenis pola asuh orangtua anak di Desa Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus menerapkan jenis pola asuh demokratis. Jenis pola asuh demokratis dengan menerapkan kebiasaan disiplin belajar, mandiri, dan taat beribadah mampu memberikan peran untuk anak terutama dalam motivasi belajar. Pola asuh yang diterapkan kepada anak dan mampu membuat motivasi belajar anak sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Pola asuh demokratis juga dapat membentuk karakter berupa kedisiplinan, kemandirian, religius, dan komunikatif. Adapun saran dalam penelitian bagi orang tua diharapkan orangtua mampu menerapkan jenis pola asuh yang positif dan mampu memiliki motivasi belajar yang tinggi. Dari penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan orangtua di desa Gondosari RT 01 RW 04 untuk memotivasi anak belajar di rumah yakni pola asuh demokratis dan pola asuh permisif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin pembimbing 2. Khamdun, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pola Asuh dan Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Oct 2021 21:42
Last Modified: 03 Oct 2021 21:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15080

Actions (login required)

View Item View Item