Naimah, Asnafun (2021) Pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku kedisiplinan belajar anak usia sd di desa langenharjo margorejo kabupaten pati. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Text (HAL JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (508kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (942kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (285kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku kedisiplinan belajar anak usia SD di Desa Langenharjo Margorejo Kabupaten Pati dan mendeskripsikan perilaku kedisiplinan belajar anak usia SD di Desa Langenharjo Margorejo Kabupaten Pati. Penelitian ini membahas tentang pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku kedisiplinan belajar anak usia SD di Desa Langenharjo Margorejo Kabupaten Pati. Pola asuh orang tua adalah hubungan atau interaksi orang tua kepada anaknya dengan proses mendidik serta membimbing untuk mencapai kearah yang lebih baik. Pola asuh orang tua terbagi menjadi tiga pola asuh yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Kedisiplinan belajar adalah pengendalian diri pada aturan dalam belajar seseorang dalam membentuk pola perilaku atau kebiasaan menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang akan dilaksanakan di Desa Langenharjo Margorejo Kabupaten Pati. Subjek penelitian terdiri dari Guru, siswa dan orang tua siswa. Objek penelitian adalah pola asuh orang tua dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, pencatatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa, orang tua menggunakan pola asuh bentuk demokratis. Pola asuh adalah hubungan timbal balik yang dilakukan orang tua dengan anak melalui mendidik, membimbing, dan mendisiplinkan, serta melindungi anak dalam mencapai kedewasaan untuk menjadi lebih baik. Bentuk demokratis mampu memberikan kedisiplinan dalam belajar siswa. Kedisiplinjan belajar siswa dapat berupa disiplin dalam waktu belajar, disiplin dalam tempat belajar, dan displin terhadap aturan norma dalam belajar. Disiplin belajar adalah pengendalian diri pada aturan dalam belajar seseorang dalam mebentuk pola perilaku atau kebiasaan menjadi lebih baik. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua diharapkan dapat memberikan pola asuh yang baik dengan menerapkan pola asuh demokratis yang berguna untuk membimbing anaknya dalam kedisiplinan belajar. Kedisiplinan belajar baik dalam kedisiplinan waktu, kedisiplinan tempat belajar, dan kedisiplinan aturan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | PEMBIMBING 1 :Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd PEMBIMBING 2 :Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Kedisiplinan Belajar, Penelitian Kualitatif, Pola Asuh. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 20:56 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 20:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15100 |
Actions (login required)
View Item |