Pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku kedisiplinan belajar anak usia sd di desa langenharjo margorejo kabupaten pati

Naimah, Asnafun (2021) Pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku kedisiplinan belajar anak usia sd di desa langenharjo margorejo kabupaten pati. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (508kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (285kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku kedisiplinan belajar anak usia SD di Desa Langenharjo Margorejo Kabupaten Pati dan mendeskripsikan perilaku kedisiplinan belajar anak usia SD di Desa Langenharjo Margorejo Kabupaten Pati. Penelitian ini membahas tentang pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku kedisiplinan belajar anak usia SD di Desa Langenharjo Margorejo Kabupaten Pati. Pola asuh orang tua adalah hubungan atau interaksi orang tua kepada anaknya dengan proses mendidik serta membimbing untuk mencapai kearah yang lebih baik. Pola asuh orang tua terbagi menjadi tiga pola asuh yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Kedisiplinan belajar adalah pengendalian diri pada aturan dalam belajar seseorang dalam membentuk pola perilaku atau kebiasaan menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang akan dilaksanakan di Desa Langenharjo Margorejo Kabupaten Pati. Subjek penelitian terdiri dari Guru, siswa dan orang tua siswa. Objek penelitian adalah pola asuh orang tua dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, pencatatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa, orang tua menggunakan pola asuh bentuk demokratis. Pola asuh adalah hubungan timbal balik yang dilakukan orang tua dengan anak melalui mendidik, membimbing, dan mendisiplinkan, serta melindungi anak dalam mencapai kedewasaan untuk menjadi lebih baik. Bentuk demokratis mampu memberikan kedisiplinan dalam belajar siswa. Kedisiplinjan belajar siswa dapat berupa disiplin dalam waktu belajar, disiplin dalam tempat belajar, dan displin terhadap aturan norma dalam belajar. Disiplin belajar adalah pengendalian diri pada aturan dalam belajar seseorang dalam mebentuk pola perilaku atau kebiasaan menjadi lebih baik. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua diharapkan dapat memberikan pola asuh yang baik dengan menerapkan pola asuh demokratis yang berguna untuk membimbing anaknya dalam kedisiplinan belajar. Kedisiplinan belajar baik dalam kedisiplinan waktu, kedisiplinan tempat belajar, dan kedisiplinan aturan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING 1 :Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd PEMBIMBING 2 :Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Penelitian Kualitatif, Pola Asuh.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2021 20:56
Last Modified: 01 Oct 2021 20:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15100

Actions (login required)

View Item View Item