NAFISA, NUROINI NAJMIYA (2020) Analisis struktur dan nilai pendidikan dalam novel cinta suci zahrana karya habiburrahman el shirazy. Sarjana thesis, UMK.
![]() |
Text (HAL DEPAN)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Novel sebagai salah satu bentuk karya sastra merupakan sarana penyampaian nilai atau unsur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik dan nilai edukatif yang terkandung dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. Analisis struktural merupakan suatu analisis atas suatu kesatuan sistem tatanan dalam membangun hubungan makna yang komprehensif dalam suatu karya sastra. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Robert Stanton. Terkait dengan nilai pendidikan, novel ini dianalisis menggunakan pendapat Octaviana (2018). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan teknik pencatatan. Dalam penerapannya digunakan model pembacaan heuristik dan hermeneutik. Penyajian hasil analisis dalam penelitian ini menggunakan metode presentasi informal. Hasil penelitian ini ada dua hal yaitu unsur intrinsik dan nilai edukatif yang terkandung dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. Unsur intrinsik yang terkandung dalam penelitian ini meliputi tema, alur, latar, karakter dan penokohan, sudut pandang, dan gaya bahasa. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy meliputi empat nilai, yaitu nilai agama, nilai moral, nilai sosial, dan nilai budaya. Novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy memiliki struktur intrinsik yang dijelaskan di atas dan juga memiliki 4 aspek nilai pendidikan di dalamnya. Novel Cinta Suci Zahrana ini bisa dijadikan pembelajaran hidup bagi komunitas atau kelompok tertentu. Dengan novel yang mengandung nilai edukatif, maka segala tindakan yang dilakukan manusia memiliki batasan dan pedoman sebelum melakukan tindakan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (I) Dr. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. (II) Mila Roysa, M.Pd. |
Kata Kunci: | Struktur, nilai pendidikan, novel “Cinta Suci Zahrana” karya Habiburrahman El Shirazy |
Subjects: | Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) |
Program Studi: | DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 03 Oct 2021 23:07 |
Last Modified: | 03 Oct 2021 23:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
