Struktur dan nilai karakter cerita rakyat “ratu kalinyamat” kabupaten jepara untuk pendidikan anak sekolah dasar

NUR, AHMAD YUSRIL AMRI (2021) Struktur dan nilai karakter cerita rakyat “ratu kalinyamat” kabupaten jepara untuk pendidikan anak sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (809kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (304kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (260kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini mengangkat salah satu cerita rakyat di kabupaten Jepara, yaitu Cerita Rakyat “Ratu Kalinyamat” yang mengisahkan sejarah hidup Ratu Kalinyamat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur cerita rakyat Ratu Kalinyamat dan menemukan nilai karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Ratu Kaliyamat kabupaten Jepara untuk Pendidikan Anak Sekolah Dasar, dengan rumusan masalah analisis struktur cerita rakyat Ratu Kalinyamat Kabupaten Jepara dan nilai karakter yang terkandung di Cerita Rakyat Ratu Kalinyamat Kabupaten Jepara untuk pendidikan anak Sekolah Dasar Analisis struktur cerita rakyat merupakan upaya pemilahan suatu cerita untuk mengetahui lebih detail terkait unsur-unsur yang ada dalam cerita. Analisis struktur cerita rakyat dalam penelitian ini yaitu menganalisis terhadap unsur-unsur cerita rakyat yang meliputi tema, alur (plot), tokoh, latar (setting) dan amanat, serta menganalisis keberadaan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Ratu Kalinyamat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian terdapat tiga tempat yaitu desa Mantingan dimana Ratu Kalinyamat dimakamkan, desa Kalinyamatan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan arak-arakan atau Baratan, dan desa Surodadi. Serta, subyek dalam penelitian ini yaitu juru kunci makan Sultan Hadirin dan Ratu Kalinyamat, masyarakat sekitar Kalinyamat, serta beberapa praktisi atau guru SD di tempat peneliti (desa Surodadi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, pemotretan/pengambilan gambar dan pencatatan. Penelitian ini menggunakan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam cerita rakyat Ratu Kalinyamat memiliki unsur-unsur yang dapat membangun struktur sebuah cerita diataranya yaitu bertema sejarah, alur maju, macam-macam penokohan, latar tempat di Jepara, dan amanat. Selain itu ditemukan 10 nilai karakter didalamya yakni; Religius, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, peduli limgkumgam, peduli sosial, dan tanggung jawab. Keberadaan cerita Ratu Kalinyamat dapat dibuktikan dengan berbagai peninggalan seperti masjid ataupun pertapaannya yang masih dapat dikunjungi sampai saat ini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons. Pembimbing 2 Deka Setiawan S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Analisis Struktur, Nilai Karakter, Cerita Rakyat, Pendidikan Anak Seklah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Oct 2021 22:17
Last Modified: 04 Oct 2021 22:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15196

Actions (login required)

View Item View Item