KUNCORO, SIDIQ WAHYU (2021) Peran orang tua dalam proses pembelajaran daring pada siswa kelas 6 di sd n sari 1 demak pada masa pandemi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (301kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (179kB) |
|
Text (BAB II)
BAB ll.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (899kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas 6 di SD N Sari 1 Demak Pada Masa Pandemi. Menganalisis peran orang tua dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi, mendiskripsikan kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi. Pembelajaran daring yang di maksud dalam penelelitian ini adalah pemberian tugas melalui pemantauan pendampingan oleh guru melalui whatsapp grup sehingga anak betul-betul belajar. Kemudian guru bekerja dari rumah dengan berkoordinasi dengan orang tua, melalui video call maupun foto kegiatan belajar anak di rumah untuk memastikan adanya interaksi antara guru dengan orang tua. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode diskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Sari 1 Desa Sari Demak. Sumber data primer pada penelitian ini yakni 4 orang tua dan 4 anak kelas 6, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dengan dokumentasi dan catatan penelitian, serta buku dan jurnal relevan yang terkait penelitian ini. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan mengacu kepada konsep dari Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring SD N Sari 1 Demak yakni orang tua melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah, menyediakan sarana dan prasarana kepada anak, memberikan semangat, motivasi, mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki anak masing – masing. Kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring SD N Sari 1 Demak, yakni latar Pendidikan orang tua, tingkat ekonomi orang tua, kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan juga mempengaruhi orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam belajar di rumah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Dr. M. Kanzunnudin, M.Pd, Pembimbing 2. Santoso, M.Pd |
Kata Kunci: | Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 23:25 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 23:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15208 |
Actions (login required)
View Item |