NOR, SILFIYYA (2021) the perception of the 12th graders of sma 1 kudus toward “heal the world” song as media in learning english vocabulary. Sarjana thesis, UMK.
Text (hal judul)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version Download (312kB) |
|
Text (bab 2)
Bab 2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
Bab 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (bab 6)
Bab 6.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (414kB) |
|
Text (lampiran)
Lampiran,.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Bahasa Inggris adalah mata pelajaran wajib yang diajarkan di SMA 1 Kudus. Berdasarkan silabus dan RPP yang digunakan, salah satu aspek pengajaran bahasa Inggris adalah kosa kata. Kosakata berguna terutama untuk memahami teks bahasa Inggris, bahkan yang sederhana sekalipun. Untuk pembelajaran kosakata, guru dapat menggunakan berbagai media. Di sini, guru menggunakan lagu sebagai media. Guru menggunakan lagu populer di kalangan remaja. Materi dalam pembelajaran ini adalah “makna melalui musik”. Judul lagu yang digunakan adalah “heal the world”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas 12 SMA 1 Kudus terhadap media lagu “heal the world” dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan instrumen diri peneliti itu sendiri dengan dua cara untuk memperoleh data berupa angket yang diberikan kepada 70 siswa dan wawancara kepada 6 siswa untuk memperoleh informasi yang mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas 12 SMA 1 Kudus terhadap lagu “heal the world” sebagai media dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris adalah positif. Hal ini dapat digambarkan dengan hasil siswa yang dominan “setuju” saat mereka mengisi angket. Dengan menggunakan lagu “heal the world” yang familiar dapat membuat siswa mudah memahami kosakata dan juga siswa lebih mengetahui arti dari lirik lagu “heal the world”. Oleh karena itu, dengan mempelajari kosakata melalui lagu membantu siswa untuk memahami makna lagu. Guru juga dapat menggunakan lagu populer lainnya sebagai media dalam pembelajaran kosa kata bahasa Inggris, sehingga pembalajaran lebih nyaman untuk siswa. Karena itu, peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan oleh guru bahasa Inggris sebagai salah satu referensi dalam pembelajaran kosa kata menggunakan media lagu.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 :Rusiana, S.Pd, M.Pd pembimbing 2 :Mutohhar, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Persepsi, Lagu, Kosa kata |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 19:08 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 19:08 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15250 |
Actions (login required)
View Item |