Students’ difficulties in reading through self-directed learning during pandemic era (the case study of sixth semester students english education department in academic year 2020/2021)

Wati, Umi (2021) Students’ difficulties in reading through self-directed learning during pandemic era (the case study of sixth semester students english education department in academic year 2020/2021). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (823kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (306kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] Text (bab 6)
Bab VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (314kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Model pembelajaran mandiri relevan diterapkan di era saat ini. Kegiatan membaca merupakan hal utama yang diperlukan mahasiswa untuk memahami materi melalui belajar secara mandiri. Pada kondisi saat ini, semua mata kuliah dan materi disampaikan oleh dosen melalui kelas online. Melalui cara ini proses pembelajaran masih terus dapat berjalan. Namun, keterbatasan waktu dalam saat kelas online membuat siswa membutuhkan lebih banyak waktu untuk membaca dan berusaha secara mandiri dalam memahami semua materi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan penelitian, yaitu: (1) Apa kesulitan belajar mahasiswa dalam belajar mandiri selama pandemi? (2) Bagaimana kondisi mahasiswa dalam belajar mandiri selama pandemi? (3) Apa saja kesulitan mahasiswa dalam membaca melalui pembelajaran mandiri semester enam Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Peneliti mengambil 4 kelas yang terdiri dari 51 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa semester VI Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas muria Kudus masih mengalami kesulitan belajar dalam self-directed learning. Kesulitan-kesulitan tersebut antara lain mahasiswa kesulitan untuk mengatur dan mengevaluasi jadwalnya setiap hari, mahasiswa kurang mendapat dukungan dalam hal, materi, peralatan, motivasi dan sumber belajar selama masa pandemi, serta membutuhkan metode pembelajaran baru untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi semester ini. Selain hal tersebut, siswa juga membutuhkan motivasi dari dosen dalam belajar mandiri di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini juga melaporkan bahwa mahasiswa masih sering mengalami kesulitan dalam memahami apa yang mereka baca dan mengerjakan tugas untuk menyimpulkan materi dari tugas yang diberikan oleh dosen. Namun demikian, siswa mengalami kesulitan belajar dalam memahami dan menyimpulkan teks bacaan melalui online dalam pembelajaran mandiri selama pandemi ini. Sebagai saran, akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris untuk menyesuaikan pembelajaran mandiri dengan beberapa metode agar pembelajaran mandiri lebih menarik dan menyenangkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Nuraeningsih, S.Pd, M.Pd pembimbing 2 :Rusiana, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: kesulitan belajar siswa, membaca, pembelajaran mandiri
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 19:20
Last Modified: 06 Oct 2021 19:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15252

Actions (login required)

View Item View Item