Tantangan digitalisasi pendidikan bagi orang tua dan anak di tengah pandemi covid-19 di desa bendanpete

WULANDARI, RIZKY (2021) Tantangan digitalisasi pendidikan bagi orang tua dan anak di tengah pandemi covid-19 di desa bendanpete. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (370kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (276kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk digitalisasi pendidikan, tantangan digitalisasi pendidikan, serta dampak digitalisasi pendidikan di tengah pandemi Covid-19 di Desa Bendanpete. Digitalisasi pendidikan adalah proses pemakaian sistem digital dalam dunia pendidikan dalam rangka mewujudkan suatu proses pembelajaran. Penggunaan digitalisasi pendidikan terjadi karena adanya pandemi Covid-19. Covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Oleh karena itu pemerintah mengeluarkan kebijakan bekerja serta belajar dari rumah yang menjadikan intensitas interaksi orang tua dan anak menjadi tinggi. Orang tua adalah adalah orang yang lebih tua yang dapat dipanggil sebagai ayah dan ibu dari seorang anak. Sedangkan anak adalah seorang individu yang berusia dari 0 (nol) dan kurang dari 18 (delapan belas) tahun dan tidak berstatus kawin. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian terdiri dari orang tua yang memiliki anak usia 6-12 tahun dan anak usia 6-12 di Desa Bendanpete. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara serta dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian didapati bentuk dari digitalisasi pendidikan di tengah pandemi Covid-19 secara asynchronous learning (pembelajaran tidak sinkron). Adapun tantangan digitalisasi pendidikan bagi orang tua adalah ketersediaan paket data, manajemen waktu serta perubahan pola belajar. Tantangan digitalisasi pendidikan bagi anak adalah kesulitan memahami materi. Sedangkan dampak positif digitalisasi pendidikan di tengah pandemi Covid-19 bagi orang tua adalah orang tua dapat memantau aktivitas belajar anak di rumah. Dampak negatifnya adalah orang tua kesulitan memahami materi anak dan pengeluaran membengkak akibat pemenuhan fasilitas pembelajaran daring anak. Sedangkan dampak positif digitalisasi pendidikan bagi anak adalah tersedianya media massa untuk mencari informasi serta waktu belajar menjadi fleksibel. Dampak negatif dari digitalisasi pendidikan bagi anak adalah munculnya sikap malas belajar, penyalahgunaan teknologi selama pembelajaran daring, serta munculnya sikap acuh anak. Penelitian ini hendaknya orang tua dapat memperbanyak referensi materi pembelajaran anak dan memotivasi anak agar senantiasa mengikuti pembelajaran daring. Sedangkan bagi anak hendaknya jika ada tugas langsung dikerjakan, kurangi kegiatan penggunaan gadget apabila sedang tidak melakukan pembelajaran daring. Perbanyak kegiatan bersama orang tua untuk mengasah jiwa sosial anak walaupun dalam kondisi di rumah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1) Santoso, S.Pd., M.Pd. (2) Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Digitalisasi Pendidikan, Orang tua dan Anak, Covid-19
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Oct 2021 00:19
Last Modified: 08 Oct 2021 00:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15304

Actions (login required)

View Item View Item