Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning dan guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas v sekolah dasar

Muhadi, Muhadi (2021) Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning dan guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas v sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas V Sekolah Dasar 2) Pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas V Sekolah Dasar 3) Perbedaan pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Guided Inquiry terhadap hasil belajar siswa materi pecahan di kelas V Sekolah Dasar. Menurut (Trianto, 2011) mengemukakan bahwa pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang terjadi dalam hubungan yang erat dengan pengalaman sesungguhnya.Menurut (Zulfiani, 2010) Guided Inquiry adalah tahap guided inquiry mengacu pada tindakan utama guru ialah mengajukan permasalahan, siswa menentukan proses dan penyelesaian masalah. Hipotesis penelitian ini adalah ada berpengaruh Model pembelajaran CTL dan Guided Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas V Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran CTL, kelompok eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Guided inkuiry, Instrumen menggunakan soal pre-test atau post-test. Analisis data menggunakan uji validitas,uji reabilitas,uji homogenitas,uji kesamaan rata-rata,uji pembeda,perhitungan Indeks Gain. Hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas V SDN Balerejo 1, hal ini berdasarkan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 10.660 > t-tabel 1.69236. Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas V SDN Balerejo 2, hal ini berdasarkan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 9.603> t-tabel 1.68957. Rata-rata kelas model Contextual Teaching and Learning 74,93 dan ketuntasan belajar mencapai 100%, sedangkan rata-rata kelas model Guided Inquiry 71,93 dan ketuntasan belajar mencapai 98%. Kesimpulan hasil penelitian pembelajaran model Contextual Teaching and Learning lebih baik dari pada pembelajaran model Guided Inkuiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi pecahan. Saran sebaiknya setiap pendidik dalam memberikan pembelajaran kepada siswa menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr.Sri Utaminingsih, M.Pd Pembimbing 2. Dr.Rismiyanto, M.Pd
Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning, Guided Inquiry, Pecahan, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 09 Oct 2021 00:30
Last Modified: 09 Oct 2021 00:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15367

Actions (login required)

View Item View Item