Implementasi konseling behavior dengan teknik assertive training untuk Meningkatkan motivasi belajar Siswa pada masa pandemi Covid-19

PUSPARINI, NURULLIKA INTANIA (2021) Implementasi konseling behavior dengan teknik assertive training untuk Meningkatkan motivasi belajar Siswa pada masa pandemi Covid-19. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
1. HALAMAN COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. LAMP.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pandemi Covid-19 ini membuat para siswa dan guru harus melakukan sistem pembelajaran dari rumah masing-masing (study from home). Namun, terdapat permasalahan pada motivasi belajar siswa, dimana beberapa siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran daring. Hal ini terlihat dari penyelesaian tugas yang tidak tuntas, bahkan ada siswa yang tidak mengumpulkan tugas. Masih ada siswa yang kurang memahami perintah guru, sehingga melakukan kesalahan saat mengerjakan tugas. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian bertujuan untuk 1) menemukan faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa di SMPN 2 Nalumsari Jepara, 2) Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan konseling behavior dengan teknik assertive training di SMPN 2 Nalumsari. Konseling behavioral merupakan suatu teknik terapi dalam konseling yang berlandaskan teori belajar yang berfokus pada tingkah laku individu untuk membantu konseli mempelajari tingkah laku baru dalam memecahkan masalahnya melalui teknik-teknik yang berorientasi tindakan. Teknik assertive training merupakan teknik konseling yang membantu konseli dalam mengarahkan, mengendalikan emosi serta dorongan dari dalam dirinya, dan mengelola perilaku negatif menuju perilaku positif. Dalam penelitian ini digunakan teknik assertive training untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII SMP N 2 Nalumsari Kabupaten Jepara, yaitu BKT dan MJS. Teknik pengumpulaan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan home visit. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian terhadap konseli BKT dan konseli MJS yang menjadi subjek penelitian ini, maka dapat diidentifikasi beberapa faktor apa yang dapat menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa, diantaranya yaitu faktor internal (kebiasaan main game) dan ekternal (pergaulan teman). Layanan konseling behavior dengan teknik assertive training dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 2 Nalumsari Jepara. Hal ini dibuktikan dari peningkatan motivasi belajar konseli BKT dan MJS dalam penelitian ini setelah diberikan perlakuan berupa konseling behavior dengan teknik assertive training. Melalui perlakuan tersebut, konseli BKT mulai mengontrol perilakunya yang terlalu sering bermain game di gadget dan berupaya mengisi waktunya untuk belajar. Konseli MJS lebih mengurangi waktu untuk bergaul dan berkumpul dengan teman sebayanya untuk kegiatan yang tidak bermanfaat. Konseli MJS mulai memahami manfaat yang dapat diperoleh dengan belajar, yaitu informasi dan pengetahuan yang berguna bagi dirinya di masa depan. Hal ini menunjukkan bahwa konseling behavior dengan teknik assertive training dapat mengatasi rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP N 2 Nalumsari Kabupaten Jepara. Dengan demikian asumsi penelitian yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil penelitian konseling behavior dengan teknik assertive training ini hendaknya guru bimbingan dan konseling bisa menggunakannya untuk memperhatikan dan mengenali permasalahan-permasalahan siswa secara lebih mendalam dalam membantu mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dra. Sumarwiyah, M.pd., Kons. Pembimbing 2. Drs. Masturi, M.M.
Kata Kunci: motivasi belajar, konseling behavior, teknik assertive training
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Oct 2021 22:15
Last Modified: 12 Oct 2021 22:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15382

Actions (login required)

View Item View Item