ARIYANI, SOFIA (2021) Pengembangan aplikasi “transformer geogebra” berbasis kemampuan spasial matematis. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (418kB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (276kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalahan yang ditemukan di SMA NU Al Ma’ruf Kudus yaitu kurangnya bahan ajar dan belum adanya media pembelajaran berbasis android. Berdasarkan angket yang diisi siswa, sebanyak 30% siswa tertarik belajar matematika, dan hanya 1% siswa yang tuntas KKM yang menyebabkan rendahnya kemampuan spasial siswa. Oleh karena itu, perlu dikembangakan aplikasi Transformer GeoGebra berbasis kemampuan spasial siswa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu : (1) mengembangkan Transfomer GeoGebra berbasis kemampuan spasial matematis; (2) menguji kelayakan atau validitas Transfomer GeoGebra berbasis kemampuan spasial matematis; (3) mengukur tingkat kepraktisan Transfomer GeoGebra. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA NU Al Ma’ruf Kudus dengan subjek guru matematika dan 10 siswa kelas XI IPS 2. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R & D) dengan dengan menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi menjadi ADD(Analysis. Design, Development) dikarenakan keterbatasan waktu penelitian, dan diujicobakan secara terbatas pada 9 siswa kelas XI IPS 2 dan 1 guru matematika di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Teknik pengumpulan data meliputi: (1) wawancara studi pendahuluan; (2) angket studi pendahuluan; (3) soal kemampuan spasial; (4) wawancara analisis kebutuhan; (5) angket analisis kebutuhan; (6) validasi ahli materi dan ahli media; (7) angket respon guru dan siswa; dan (8) wawancara guru dan siswa terhadap aplikasi. Analisis data yang digunakan meliputi pengembangan aplikasi, validitas aplikasi dan kepraktisan aplikasi. Aplikasi Transformer GeoGebra berisi tentang materi transformasi geometri yang diintegrasikan dengan GeoGebra. Aplikasi ini terdiri dari tiga bagian yaitu pendahuluan, isi dan penutup. Pada menu eksplorasi terdapat video pembelajaran yang diintegrasikan dengan GeoGebra. Hasil validasi aplikasi oleh validator ahli materi dan media menunjukkan aplikasi Transformer GeoGebra valid dengan skor rata-rata 3,3. Uji kepraktisan dinilai dengan angket respon siswa dan guru. Hasil respon siswa terhadap aplikasi Transformer GeoGebra menunjukkan 78,9% siswa memberikan respon positif. Guru juga memberikan respon positif terhadap aplikasi Transformer GeoGebra. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa aplikasi Transformer GeoGebra valid dan praktis, sehingga dapat membantu dalam proses pembelajaran menganai materi transformasi geometri.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Himmatul Ulya, M. Pd Pembimbing 2 Ratri Rahayu, M. Pd. |
Kata Kunci: | Aplikasi, Transformer GeoGebra, Kemampuan Spasial Matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 19:15 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 19:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15494 |
Actions (login required)
View Item |