Perlindungan hukum anak korban kekerasan seksual di tingkat penyidikan (studi kasus di unit pelayanan perempuan dan anak polres jepara)

NOOR RAHMAH, AULIYA (2021) Perlindungan hukum anak korban kekerasan seksual di tingkat penyidikan (studi kasus di unit pelayanan perempuan dan anak polres jepara). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (439kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Updated Version

Download (264kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (242kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy

Abstrak

Skripsi yang berjudul “Perlingangan Hukum Terhadap Anak Korban Kekerasan Seksual Di Tingkat Penyidikan (Studi Kasus Di Unit PPA Polres Jepara)” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak korban kekerasan seksual di Unit PPA Polres Jepara, untuk mengetahui pengoptimalan perlindungan hukum terhadap anak korban kekerasan seksual di Unit PPA Polres Jepara. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini yaitu yuridis empiris. Perihal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah semua data diperoleh, kemuudian disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa, sehingga memperoleh jawaban dari permasalahan yang dibahas dan setelah itu disusun menjadi skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian ini dapat ditunjukan bahwa pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak korban kekerasan seksual dapat dikatakan belum maksimal. Karena meningkatnya kasus terhadap anak korban kekerasan seksual pada tahun 2020 tetapi tidak sebanyak 2018, dan ada beberapa bentuk perlindungan hukum secara khusus terhadap anak korban kekerasan seksual yang sepenuhnya masih belum dilaksanakan seperti pemberian rehabilitasi sosial, pemisahan dengan orang dewasa yang belum efektif karena masih harus bergantian saat pemeriksaan. Untuk mengoptimalkan pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak korban kekerasan seksual dan mengatasi kendala-kendala yang dihadapi seperti, anak yang tidak terbuka untuk memberikan keterangannya kepada penyidik, saksi yang keberatan untuk dimitai keterangan, serta sarana dan prasana yang kurang memadai. Unit PPA Polres Jepara melakukan beberapa langkah antara lain membujuk anak agar tidak takut untuk memberikan keterangannya dengan didampingi orang tua/ wali, meyakinkan para saksi untuk memberikan keterangannya, mengajukan permintaan kepada Kapolres Jepara untuk membangun ruangan khusus tambahan bagi Unit PPA Polres Jepara, bekerja sama dengan Dinas Sosial dan P2TP2A untuk meberikan pendampingan dan perlindungan terhadap anak korban kekerasan seksual dengan menyediakan ahli psikolog dan rumah aman, meberikan pemahaman kepada korban dan orang tua korban tentang bahayanya kekerasan seksual.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 : Dr. Hidayatullah, S.H, M.Hum pembimbing 2 :Suyoto S.H, M.H.,
Kata Kunci: Perlindungan hukum, kekerasan seksual, anak, penyidikan
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Kesehatan masyarakat
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Oct 2021 19:27
Last Modified: 13 Oct 2021 19:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15499

Actions (login required)

View Item View Item