ANGAYOMI, TITANIA MEGA (2021) Analisis peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar siswa (studi kasus di bimbingan belajar). Sarjana thesis, UMK.
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (757kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (192kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (261kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa yang ada di bimbingan belajar Omah Sinau dan peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di bimbingan belajar Omah Sinau Blora. Motivasi belajar adalah usaha untuk melakukan sesuatu baik yang tidak disukai untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Tutor merupakan pendidik yang berada di luar sekolah formal yang memberikan bantuan kepada siswa untuk mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah 6 siswa yang dikategorikan berdasarkan hasil belajar rendah dan tinggi, 3 tutor yang dikategorikan berdasarkan latarbelakang pendidikan, dan 6 orang tua yang dikategorikan berdasarkan latarbelakang pendidikan dan pekerjaan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa di bimbingan belajar Omah Sinau yang dikategorikan menjadi 2, motivasi belajar rendah, motivasi belajar sedang, dan motivasi belajar tinggi. Didapatkan kategori hasil belajar rendah dengan jumlah 3 siswa memiliki motivasi belajar yang berbeda. 1 siswa dengan hasil belajar rendah memiliki motivasi belajar rendah mampu menguasai 1 indikator motivasi belajar, 2 siswa dengan hasil belajar rendah memiliki motivasi belajar sedang mampu menguasai 3 indikator motivasi belajar. Sedangkan subjek dengan kategori hasil belajar tinggi yang berjumlah 3 siswa yang mampu menguasai 5 indikator motivasi belajar. Peran tutor di bimbingan belajar Omah Sinau menunjukkan bahwa perbedaan latar belakang pendidikan tutor tidak berpengaruh dalam melaksanakan perannya sebagai tutor. Peran tutor yang paling menonjol di bimbingan belajar Omah Sinau yaitu peran tutor sebagai pengarah/director. Sedangkan peran tutor yang kurang menonjol yaitu peran sebagai fasilitator. Peran tutor saja tidak cukup untuk membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar. Hendaknya orang tua siswa juga bekerjasama untuk membantu siswa mengatasi permasalahan belajar yang dihadapi agar tujuan belajar tercapai dengan maksimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. Pembimbing 2. M. Syaffruddin K, S.Si., M.Or. |
Kata Kunci: | Bimbingan Belajar, Peran Tutor, Motivasi Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 22:00 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 22:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15519 |
Actions (login required)
View Item |