Murtafi’ah, Murtafi’ah (2021) Analisis keterampilan membaca permulaan dan berhitung pada siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (713kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (118kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan membaca permulaan dan berhitung pada siswa sekolah dasar di SD Kendalagung, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, dengan rumusan masalah bagaimana ketererampilan membaca permulaan pada siswa kelas I di SD Kendalagung dan bagaimana keterampilan berhitung pada siswa kelas I di SD Kendalagung. Penelitian ini membahas tentang keterampilan membaca permulaan dan berhitung pada siswa kelas I, keterampilan membaca permulaan dan berhitung digunakan siswa sebagai dasar dalam belajar untuk ke tahap selanjutnya. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan siswa dalam membaca permulaan dan juga berhitung khususnya pada siswa kelas I SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam pelaksanaan penelitian. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SD Kendalagung. Desa Kendalagung Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Dengan informan penelitian 6 orang siswa kelas I di SD Kendalagung. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama bulan Maret - April pada tanggal 26 Maret – 8 April 2021. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan wawancara yang dilakukan dengan informan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan merupakan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di SD Kendalagung sebagai berikut: (a) siswa mampu dalam menyuarakan lafal, (b) siswa mampu memahami huruf abjad, (c) siswa mampu membaca menggunakan intonasi dan kelancaran suara dengan tepat, (d) siswa mampu membaca suku kata, (e) siswa mampu memahami pemberhentian kata. Sedangkan dalam keterampilan berhitung pada siswa kelas I di SD Kendalagung diantaranya sebagai berikut: (a) siswa mampu mengenali angka, (b) siswa mampu mengurutkan bilangan, (c) siswa mampu menghitung benda sekitar, (d) siswa mampu mengoperasikan bilangan (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian), (e) siswa mampu mengimplementasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Dr. Irfai Fathurrohman, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2. Himmatul Ulya, S.Pd, .M.Pd. |
Kata Kunci: | Keterampilan, Membaca Permulaan, Berhitung. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 22:28 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 22:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15707 |
Actions (login required)
View Item |