ROKHAYAH, SIKKY (2021) Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika ditinjau dari gaya belajar. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
JUDUL.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (309kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (332kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas IV SDN Kropak 02 yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Siswa kelas IV masih banyak membutuhkan arahan secara langsung dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan soal-soal yang rumit, terlihat juga saat siswa mengerjakan soal matematika siswa masih terlihat kebingungan atau mengalami kesulitan dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanya sehingga dengan hal tersebut siswa tidak dapat menyelesaikan atau memecahkan masalah matematika yang telah diberikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika ditinjau dari gaya belajar visual; (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika ditinjau dari gaya belajar auditorial; dan 3) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah diperoleh dari siswa kelas IV SDN Kropok 02 dan wali kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah; (1) Siswa dengan gaya belajar visual adalah PM dan MKR. PM dan MKR mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan penalaran matematis.; (2) siswa dengan gaya belajar auditorial yaitu WK dan LO. WK memenuhi 3 indikator dari 5 indikator penalaran matematis, sedangkan LO memenuhi 2 indikator dari 5 indikator penalaran matematis siswa; dan (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik adalah RP dan SPA. RP hanya mampu memenuhi 1 indikator dari 5 indikator penalaran matematis siswa, sedangkan SPA tidak bisa memenuhi kelima indikator penalaran matematis siswa. Kesimpulannya adalah; (1) penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual memiliki hasil yang sangat baik; (2) penalaran matematis siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki hasil yang baik; dan (3) penalaran matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki hasil yang kurang. Hendaknya guru lebih memperhatikan gaya belajar siswa dan menyesuaikan metode pembelajaran dan gaya menulis soal supaya semua siswa dengan gaya belajar yang berbeda dapat memahami soal dan pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Khamdun, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing 2. Himmatul Ulya, S.Pd.,M.Pd. |
Kata Kunci: | Gaya Belajar, Matematika, Penalaran Matematis. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 01:58 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15795 |
Actions (login required)
View Item |