PUTRI, TITAH SIWI (2022) Persepsi guru terhadap pembelajaran daring melalui media whatsapp: studi kasus di sd n 3 bawu jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (563kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (186kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (772kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (175kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini betujuan untuk menganalisis persepsi guru di SD N 3 Bawu Jepara terhadap pembelajaran daring melalui media whatsapp. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru di SD N 3 Bawu Jepara terhadap proses pembelajaran daring melalui media whatsapp yang telah dilakukan dan dampak siswa dengan diadakannya pembelajaran daring melalui media whatsapp. Pembelajaran daring dapat didefinisikan sebagai bentuk pendidikan jarak jauh yang penyampaian materinya dilakukan melalui internet. Sehingga pada pembelajaran daring ini baik guru maupun siswa tidak harus bertemu secara langsung tetapi melalui perantara yaitu media whatsapp. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif-studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 3 Bawu Jepara. Objek yang akan diteliti adalah presepsi guru dan dampak siswa terhadap pembelajaran daring. Sumber data primer penelitian ini adalah guru kelas. Sumber data sekunder penelitian ini didapatkan melalui dokumentasi, jurnal, catatan penelitian serta data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah persepsi guru pada pembelajaran daring yaitu kurang efektifnya penyampaian materi yang diberikan guru pada siswa. Jarak yang jauh membuat guru mengalami kesulitan untuk mengakses internet di sekolah. Kurangnya fasilitas yang diberikan oleh sekolah juga membuat guru kesulitan. Dampak dari pembelajaran daring terhadap siswa sendiri yaitu bertambahnya ilmu pengetahuan yang dapat diakses melalui smartphone mereka dan melatih kemandirian siswa untuk mencari materi yang mereka belum mengerti. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat kesamaan dalam pola pikir (persepsi) antara guru kelas rendah dan guru kelas tinggi. Walaupun pada awalnya ada perbedaan tentang pelaksanaan pembelajaran daring oleh guru kelas rendah. Perbedaan tersebut terjadi karena pada siswa kelas rendah masih sangat dibutuhkan peran guru. Pada pembelajaran daring dikelas tinggi siswa terkadang merasa kesulitan dalam menyelesaikan tugas. Namun dalam hal ini siswa dapat bertanya kepada guru melalui chat pribadi atau datang ke sekolah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (I) Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd. (II) Jayanti Putri, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Persepsi, Pembelajaran Daring, Whatsapp. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 05:17 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 05:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16023 |
Actions (login required)
View Item |