SUPRIATIN, INDANG (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan engklek berbantuan kartu angka untuk peningkatan kemampuan motorik anak tk kartika 2 tlogotunggal. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (526kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (124kB) | Preview |
Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version Download (556kB) | Preview |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (107kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1)Menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis permainan Engklek berbantuan kartu angka untuk peningkatan kemampuan motorik anak TK, ,2)Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis permainan Engklek berbantuan kartu angka untuk peningkatan kemampuan motorik anak TK, 3)Menganalisis kepraktisan produk pengembangan media pembelajaran berbasis permainan Engklek berbantuan kartu angka untuk peningkatan kemampuan motorik anak TK,4)Menjelaskan keefektifan pengembangan media pembelajaran berbasis permainan Engklek berbantuan kartu angka untuk peningkatan kemampuan motorik anak TK . Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah;. pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, uji validasi revisi, uji coba lapangan, revisi hasil uji coba,uji pelaksanaan lapangan,penyempurnaan produk akhir,desiminasi dan implementasi. Populasi adalah siswa TK Kartika 2 dan TK Kartika 1 Desa Tlogotunggal Sumber Rembang. Teknik sampling dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, observasi, dan wawancara. Selanjutnya dilakukan uji validasi kepada ahli, uji normalitas, uji homogenitas dan uji keefektifan. . Hasil pengembangan adalah media kartu angka dalam permainan Engklek, buku panduan menggunakan kartu angka dalam permainan Engklek. Isi buku tentang cara menggunakan media dan cara bermain Engklek. Kelayakan media divalidasi oleh validator memperoleh nilai 90 dengan kategori valid. Hasil penelitian pada uji coba luas didapatkan secara diskriptif adanya peningkata nilai rata-rata pre test dan post test. Nilai rata-rata pretest sebesar 21.95 dan nilai rata-rata posttest sebesar 33.8. Nilai t hitung sebesar 18.362, sedangkan t tabel dengan df = 19 sebesar 2.086, dimana nilai 18.362 > 2.086, maka Ho ditolak dan Ha diterima. serta uji efektivitas menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis permainan Engklek berbantuan kartu angka efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik anak TK.Semoga dapat menginspirasi guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran lainnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I : Dr. Drs. Mohammad Kanzunudin, M.Pd., II : Dr. Sumaji,M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran, Permainan Engklek, Kartu Angka, Motorik. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Taman kanak-kanak Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:14 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16036 |
Actions (login required)
View Item |