SURYANI, LAILI (2022) Peran orangtua dan perilaku siswa dalam pembelajaran selama masa pandemi covid -19 di sdn mangunjiwan 1 demak kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (642kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (83kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (157kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Pembelajaran selama pandemic Covid-19 yang melanda Indonesia mengharuskan kita untuk beradaptasi terhadap kebiasan dan pola belajar. Perubahan pembelajaran dengan metode tatap muka menjadi pembelajaran daring justru memunculkan masalah baru. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin mengetahui peran orangtua, perilaku belajar siswa, kendala dihadapi, serta upaya atau solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sampling yang dipakai pada penelitian adalah ‘purposive sampling-non probalistic’, dimana pengambilan sumber informan berdasarkan masalah atau fenomena yang terjadi dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 orang yang berasal dari guru, siswa dan orangtua berdasarkan pada SDN Mangunjiwan 1 Demak pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/ 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, pertanyaan dan pencatatan. Teknik analisis data kualitatif antara lain reduksi data (reduction), menampilkan data (data display), dan kesimpulan serta verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian berdasarkan wawancara, dan obsevasi diperoleh bahwa 1) Peran orangtua sangat berpengaruh dalam pembelajaran selama masa pandemi; 2) Perilaku siswa dalam pembelajaran terjadi akibat kebiasaan dan perubahan pola pembelajaran dari tatap mu; 3) kendala yang dialami keterbatasan kemampuan IT, media HP dan Kuota; 4) Upaya atau solusi yang dilakukan mengikuti pelatihan pembuatan media pembelajaran, melakukan sosialisasi terkait perkembangan belajar anak, menfasilitasi siswa yang tidak memiliki HP dengan mengambil tugas yang dicetak kesekolah. Dari penelitian ini disarankan: 1) Sekolah lebih mendorong dan menfaslitasi Guru mengikuti pelatihan peningkatan kemampuan IT; 2) Membuat forum kegiatan pertemuan orangtua dengan guru yang dilakukan sebulan sekali, bertujuan untuk membahas perkembangan siswa. 3) Pelaksanaan pembelajaran selama pandemic perlu dievaluasi ulang agar lebih efektif untuk pelaksanaan berikutnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I Dr. Sri Surachmi, M.Pd; advisor II Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Peran Orangtua, Perilaku Siswa, Pembelajaran, Pandemic Covid-19 |
Subjects: | Geografi. Antropologi. Rekreasi > Perilaku dan kebiasaan umum Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:43 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16038 |
Actions (login required)
View Item |