MUNIR, AHMAD MISBAHUL (2022) Pengaruh model cooperative learning tipe tgt berbantu quizizz dan stad berbantu quizizz terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
1. Halaman judul_TESIS_AHMAD MISBAHUL MUNIR_201903006.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
2. Bab 1_TESIS_AHMAD MISBAHUL MUNIR_201903006.pdf - Published Version Download (625kB) | Preview |
Text (Bab II)
3. Bab 2_TESIS_AHMAD MISBAHUL MUNIR_201903006.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
4. Bab 3_TESIS_AHMAD MISBAHUL MUNIR_201903006.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
5. Bab 4_TESIS_AHMAD MISBAHUL MUNIR_201903006.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
6. Bab 5_TESIS_AHMAD MISBAHUL MUNIR_201903006.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka_TESIS_AHMAD MISBAHUL MUNIR_201903006.pdf - Published Version Download (559kB) | Preview |
Text (Lampiran)
8.. Lampiran_TESIS_AHMAD MISBAHUL MUNIR_201903006.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika kelas V di Kecamatan Karangawen. Tujuan penelitian ini untuk 1) menganalisis pengaruh model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu Quizizz terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data kelas V SD, 2) menelaah pengaruh model Cooperative Learning tipe Student Team Achievment Division (STAD) berbantu Quizizz terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data kelas V SD, 3) menganalisis perbedaan pengaruh Model Cooperative Learning tipe TGT berbantu Quizizz dan STAD berbantu Quizizz terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data kelas V SD di Gugus Ahmad Yani Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental (experimental researc) dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 214 peserta didik dengan purposive sampling ditentukan sampel 98 peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Gugus Ahmad Yani Kecamatan Karangawen. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda. Teknik analisis data dengan deskripsi data, uji normalitas dan uji homogenitas, uji T serta N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh pada penggunaan TGT berbantu Quizizz terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data kelas V SD yang dibuktikan dari hasil uji-T diperoleh t-hitung(5,665) > t-tabel(2,004) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima maka hipotesis 1 terbukti. 2) terdapat pengaruh pada penggunaan STAD berbantu Quizizz terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data kelas V Sekolah Dasar yang dibuktikan dari hasil uji-T diperoleh t-hitung(3,696) > t-tabel(1,996) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima maka hipotesis 2 terbukti. 3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model Cooperative Learning tipe TGT berbantu quizizz dan STAD berbantu quizizz terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data kelas V Sekolah Dasar yang dibuktikan diperoleh t-hitung(1,882) < t-tabel(1,995) sehingga Ho diterima dan Ha ditolak maka hipotesis 3 tidak terbukti. Berdasarkan penelitian, guru disarankan untuk menerapkan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament atau Student Team Achievement Division berbantu Quizizz agar hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Dr. Murtono, M.Pd, Dosen Pembimbing (2) Dr. Eko Darmanto, S.Kom., M.Cs. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, TGT dan STAD, Quizizz Hasil Belajar, TGT dan STAD, Quizizz |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Ilmu Murni > Matematika |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 04:15 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 04:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16051 |
Actions (login required)
View Item |