Anam, Dwi Akhirul (2022) Pengembangan media video berbasis literasi sains berbantu software camtasia studio materi sumber energi untuk peningkatan hasil belajar siswa sd di gugus slamet riyadi kecamatan geyer Kabupaten grobogan. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (397kB) | Preview |
Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (964kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (365kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk pengembangan berupa video pembelajaran berbasis literasi sains pada materi Sumber Energi untuk meningkatkan hasil belajar bagi siswa di kelas IV SD dan menganalisis efektivitas video pembelajaran Camtasia studio, Literasi sains ,Video Pembelajaran berbasis literasi sains pada materi Sumber Energi Kelas IV untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Segugus Slamet Riyadi Kecamatan Geyer. Jenis penelitian ini adalah research dan development dengan menggunakan model Borg and Gall. Produk berupa media video pembelajaran berbasis literasi sains. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di gugus Slsmet Riyadi Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan. Pengumpulan data menggunakan instrumen pedoman wawancara, angket, lembar validasi ahli. Kebutuhan akan produk yang dikembangkan dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Produk yang dikembangkan diuji kelayakannya oleh ahli materi dan media. Keefektifan video pembelajaran tehadap peningkatan hasil belajar dianalisis dengan analisis statistik Independent Sample T-test dengan taraf signifikansi < 0,05.Siswa kelas IV SDN 1 Sobo,S DN 2 Sobo dan 4 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan sebagai subyek penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, wawancara, dan angket. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan produk yang dikembangkan dalam penelitian ini. Desain pengembangan produk dilakukan dengan tahapan perencanaan, proses penyusunan dan evaluasi. Skor rata-rata keseluruhan dari validasi dari ahli materi, dan media berturut-turut adalah 4,33, 4,67 dan keduanya termasuk dalam kriteria “Layak”. Kelayakan juga didukung dari hasil angket respon siswa dan guru yang menunjukkan skor rata-rata 4,40 dan 4,30 dengan kriteria “Sangat Baik” dan “Sangat Baik”. Produk yang dikembangkan juga terbukti efektif untuk meningkatkan Hasil belajar siswa kelas IV SD di Gugis Slamet Riyadi Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan berdasarkan hasil Independent Sample T-test < 0,05 yakni 0,000.KKM.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Eko Darmanto, S. Kom., M.Cs., MTA. 2. Dr. Gunawan Setiadi, M. Pd |
Kata Kunci: | Camtasia studio, Literasi sains ,Video Pembelajaran. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 04:32 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 04:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16055 |
Actions (login required)
View Item |