SUWARNI, SUWARNI (2022) Efektivitas model problem based learhing (pbl) dan science, technology, engineering, arts, mathematics (steam) terhadap hasil belajar siswa kelas vi materi perkembangbiakan tumbuhan. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (550kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (324kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (258kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis efektifitas model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VI materi perkembangbiakan tumbuhan di Gugus Hasanudin Kecamatan Wonosalam 2) menganalisis efektifitas model pembelajaran model science, technology, engineering, arts, mathematics (STEAM) terhadap hasil belajar siswa kelas VI materi perkembangbiakan tumbuhan di Gugus Hasanudin Kecamatan Wonosalam, .3) membandingkan apakah ada keefektifitas model Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Science, Technology, Engineering,Arts, Mathematics (STEAM) pada hasil belajar siswa kelas VI materi perkembangbiakan tumbuhan di Gugus Hasanudin Kecamatan Wonosalam. Jenis Penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri di gugus Hasanudin Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak sebanyak 234 siswa Sampel dalam penelitian semua siswa kelas VI SDN Sidomulyo 1 dengan Problem Based Learning (PBL) dan SDN Sidomulyo 2 dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics (STEAM) dan Kelas VI SDN Sidomulyo 3 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini , instrumen yang digunakan adalah berbentuk tes. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data dengan menggunakan deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, dan dengan uji hipotesis yang memakai independent sample t test Hasil penelitian 1). Terdapat efektifitas model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa dengan t hitung 3,643 serta t tabel 2,0049 maka t hitung> t tabel. 2) Terdapat efektifitas model pembelajaran model science, technology, engineering, arts, mathematics (STEAM) terhadap hasil belajar siswa dengan t hitung sebesar 7,151 serta t tabel 2,0066 sehingga t hitung> t tabel 3) Terdapat perbedaan efektivitas model problem based learning (PBL) dan model science, technology, engineering, arts, mathematics (STEAM) terhadap hasil belajar siswa dengan nilai t hitung sebesar 3,910 dan t tabel sebesar 1,9990 sehingga t hitung> t tabel. Kesimpulannya adalah model science, technology, engineering, arts, mathematics (STEAM) hasilnya lebih efektif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Dr. Fitri Budi Suryani, M.Pd (2) Dr.Sri Utaminingsih, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Pbl, Model Steam, Hasil Belajar Ipa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 05:23 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 05:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16067 |
Actions (login required)
View Item |